Sabtu 16 Nov 2024 06:36 WIB

Studi: 57 Persen Pemilik Kendaraan akan Beralih ke Mobil Listrik

Sebnyak 47 persen pemilik kendaraan yakin masa depan kendaraan adalah EV.

Jumpa pers di booth produsen mobil listrik China BYD di hari pertama Japan Mobility Show 2023, 25 Oktober 2023 dipenuhi peserta.
Foto: Republika/Firkah Fansuri
Jumpa pers di booth produsen mobil listrik China BYD di hari pertama Japan Mobility Show 2023, 25 Oktober 2023 dipenuhi peserta.

REPUBLIKA.CO.ID,Sebuah studi yang dilakukan lembaga konsultan Accenture menyebutkan produsen mobil akan meningkatkan penjualan kendaraan listrik (EV) global secara substansial selama 10 tahun ke depan. Tetapi hanya jika mereka mengubah fokus dari pengadopsi awal yang paham teknologi menjadi pembeli umum.

Studi tersebut memperkirakan bahwa 57 persen pemilik mobil akan beralih ke EV dalam 10 tahun ke depan, dengan 43 persen pemilik mobil non-EV sudah mempertimbangkan EV untuk pembelian kendaraan berikutnya.

Baca Juga

“Dan 47 persen pemilik mobil yakin bahwa masa depan adalah milik kendaraan listrik," kata penelitian tersebut. Itu berdasarkan survei terhadap 6.000 pembeli mobil di AS, China, Italia, Jerman, Prancis, dan Jepang.

Menurut penelitian tersebut pertumbuhan penjualan kendaraan listrik tidak terjadi pada tingkat yang sama. Sementara penjualan kendaraan listrik global mengalami peningkatan 35 persen dari tahun ke tahun pada tahun 2023, angka tersebut turun dari 55 persen pada tahun 2022 dan 121 persen pada tahun 2021.Itu seharusnya masih dilihat sebagai prestasi setelah tahun-tahun pemulihan pandemi tahun 2021 dan 2022, tetapi analis percaya produsen mobil akan memerlukan "pengaturan ulang yang strategis" untuk menghasilkan lebih banyak penjualan kendaraan listrik.

Alih-alih berfokus pada fitur teknologi, yang telah efektif dalam menarik para pengadopsi awal, Accenture percaya bahwa para pembuat mobil harus fokus pada hal-hal yang lebih praktis dari para pembeli utama. Mayoritas pembeli mobil (80%) memprioritaskan keandalan, keamanan, dan keterjangkauan, sehingga para pembuat mobil juga harus memprioritaskan faktor-faktor tersebut.

Accenture menyusun profil psikografis dari berbagai jenis calon pembeli EV. Sementara "Strategis" dan "Individualis" menghargai hal-hal seperti kemewahan dan fitur teknologi, masing-masing, "Carer" memandang mobil hanya sebagai alat, "Konservatif" menekankan keandalan, dan pembeli mobil "Hemat" yang mengadopsi terlambat hanya akan beralih ke EV setelah biaya mencapai ambang batas tertentu.

Studi lain telah menghasilkan temuan serupa tentang minat EV yang tertinggal. Jajak pendapat Gallup tahun lalu menggarisbawahi bahwa lebih sedikit orang Amerika yang bercita-cita memiliki kendaraan listrik dibandingkan dengan yang terjadi setahun sebelumnya. Dan studi J.D. Power tahun 2023 menemukan bahwa adopsi kendaraan listrik di AS menjadi lebih terpolarisasi berdasarkan negara bagian.

Lebih dari satu dekade lalu, ketika beberapa orang membayar hampir 40.000 dolar AS untuk versi Nissan Leaf dan kendaraan listrik awal lainnya dengan jarak tempuh di bawah 100 mil, digarisbawahi bahwa para pelopor dan pengadopsi awal kendaraan listrik tersebut sangat berbeda dari pembeli mobil pada umumnya—dalam banyak hal. Berfokus pada apa yang penting bagi pembeli pada umumnya—kepraktisan dan biaya—mungkin merupakan arah yang jelas jika produsen mobil benar-benar ingin serius meningkatkan penjualan kendaraan listrik mereka.

sumber : greencarreports.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement