Rabu 23 Oct 2024 08:25 WIB

IMF: Transisi ke Kendaraan Listrik Pangkas Lapangan Kerja

Berapa negara mulai menghentikan subsidi pembelian kendaraan listrik.

Mobil BMW i5 Touring dipajang saat acara peluncuran di Jakarta, Rabu (18/9/2024). BMW Indonesia memperkenalkan BMW i5 Touring yang hadir dengan penggerak sepenuhnya listrik. Dengan penggerak roda belakang, mobil ini menghasilkan tenaga maksimum 340 hp dan akselerasi 0-100 km/jam dalam 6,1 detik. BMW i5 eDrive40 Touring ditawarkan dengan harga Rp 2,227,000,000 (off-the-road).
Foto: Dok Republika
Mobil BMW i5 Touring dipajang saat acara peluncuran di Jakarta, Rabu (18/9/2024). BMW Indonesia memperkenalkan BMW i5 Touring yang hadir dengan penggerak sepenuhnya listrik. Dengan penggerak roda belakang, mobil ini menghasilkan tenaga maksimum 340 hp dan akselerasi 0-100 km/jam dalam 6,1 detik. BMW i5 eDrive40 Touring ditawarkan dengan harga Rp 2,227,000,000 (off-the-road).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA - Dana Moneter Internasional (IMF) mengatakan transisi global menuju kendaraan listrik (EV) akan berdampak "luas" pada investasi, produksi, perdagangan internasional, dan lapangan kerja.

Analisis tersebut disertakan dalam Prospek Ekonomi Dunia terbaru IMF, yang dirilis saat para pembuat kebijakan bertemu di pertemuan tahunan IMF dan Bank Dunia pekan ini untuk membahas upaya-upaya untuk meningkatkan pertumbuhan global, menangani kesulitan utang, dan membiayai transisi energi hijau.

Baca Juga

"Meningkatnya adopsi kendaraan listrik merupakan transformasi mendasar dari industri otomotif global. Ini akan memiliki konsekuensi yang luas," kata IMF, Selasa (22/10/2024).

Pergerakan menuju EV telah dipercepat dalam beberapa tahun terakhir dan dipandang sebagai cara utama untuk membantu negara-negara mencapai tujuan iklim.

“Pada tahun 2022, transportasi menyumbang 36 persen emisi gas rumah kaca di AS, 21 persen di Uni Eropa, dan 8 persen di Tiongkok,” kata IMF.

Peningkatan adopsi kendaraan listrik didukung oleh tujuan UE untuk mengurangi emisi dari mobil hingga 50 persen untuk periode 2030-2035 dari level 2021, sementara pemerintah AS telah memberikan subsidi untuk kendaraan listrik dan stasiun pengisian daya.

IMF mencatat bahwa industri otomotif global menonjol karena memiliki upah yang tinggi, laba yang besar, pasar ekspor yang besar, dan menggunakan teknologi tingkat tinggi.

Akselerasi menuju kendaraan listrik akan mengubah lanskap tersebut, terutama jika Tiongkok mempertahankan keunggulannya saat ini dalam produksi dan ekspor terhadap pesaing AS dan Eropa. Berdasarkan skenario penetrasi pasar kendaraan listrik yang realistis, PDB Eropa akan berkurang sekitar 0,3 persen dalam jangka menengah.

"Dalam skenario ini, lapangan kerja menurun di sektor otomotif, dan tenaga kerja secara bertahap dialokasikan kembali ke sektor yang kurang padat modal (dengan nilai tambah yang lebih rendah per pekerja)," kata IMF.

Baik AS maupun UE telah mengenakan tarif pada kendaraan listrik buatan China untuk melawan apa yang mereka sebut sebagai subsidi tidak adil dari Beijing kepada produsen China.

Bulan lalu, pemerintahan Presiden AS Joe Biden memberlakukan bea masuk 100 persen pada kendaraan listrik China, sementara awal bulan ini negara-negara anggota UE secara tipis mendukung bea masuk pada kendaraan listrik buatan China hingga 45 persen.

Pembuat kendaraan listrik China sejauh ini telah menetapkan harga kendaraan mereka di bawah pesaing mereka, keuntungan penting mengingat kendaraan listrik saat ini tetap lebih mahal daripada alternatif berbahan bakar bensin dan permintaan kendaraan listrik telah melemah secara global.

Pemerintah Prancis mengatakan awal bulan ini akan mengurangi dukungannya bagi pembeli kendaraan listrik, bergabung dengan Jerman, yang mengakhiri skema subsidinya akhir tahun lalu.

sumber : reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement