Jumat 11 Oct 2024 13:04 WIB

Grup MIND ID Kembali Boyong Subroto Award 2024  

Subroto merupakan penghargaan tertinggi sektor energi dan sumber daya mineral.

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Gita Amanda
Presiden Joko Widodo bersama Menteri ESDM Befoto bersama punggawa  sektor energi usai diberikan apresiasi oleh presiden saat acara penghargaan Subroto Award 2024 di Jakarta, Kamis (10/10/2024). Memperingati Hari Ulang Tahun Pertambangan dan Energi ke-79 Kementerian ESDM menyelenggarakan penganugerahan penghargaan Subroto Award 2024 sebagai bentuk apresiasi kepada pemangku kepentingan di sektor ESDM yang memiliki kinerja terbaik.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Presiden Joko Widodo bersama Menteri ESDM Befoto bersama punggawa sektor energi usai diberikan apresiasi oleh presiden saat acara penghargaan Subroto Award 2024 di Jakarta, Kamis (10/10/2024). Memperingati Hari Ulang Tahun Pertambangan dan Energi ke-79 Kementerian ESDM menyelenggarakan penganugerahan penghargaan Subroto Award 2024 sebagai bentuk apresiasi kepada pemangku kepentingan di sektor ESDM yang memiliki kinerja terbaik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- BUMN Holding Industri Pertambangan Indonesia, MIND ID, meningkatkan kinerja operasional melalui pengelolaan cadangan serta inisiatif program hilirisasi terintegrasi sektor mineral dan batubara Indonesia.

Melalui implementasi tata kelola perusahaan yang baik serta good mining practice, MIND ID mendukung pemerintah agar mineral dan batubara mampu dioptimalkan untuk membangun masa depan Indonesia.

Atas komitmen berkelanjutan tersebut, Grup MIND ID kembali meraih apresiasi Subroto Award 2024 dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) pada Kamis (10/10/2024) lalu.

Adapun penghargaan Subroto merupakan penghargaan tertinggi sektor energi dan sumber daya mineral yang diberikan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral kepada para pemangku kepentingan yang telah melakukan kinerja sangat baik dalam memajukan sektor energi dan sumber daya mineral. 

Dalam acara ini, Presiden Joko Widodo dan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Bahlil Lahadalia hadir membuka program penyerahan penghargaan prestisius sektor energi dan sumber daya mineral Indonesia ini. Direktur Manajemen Risiko dan HSSE MIND ID, Nur Hidayat Udin, dan pejabat dari Grup MIND ID lainnya juga ikut menghadiri acara ini.

Corporate Secretary MIND ID, Heri Yusuf, mengatakan bahwa BUMN Holding Pertambangan Indonesia yang beranggotakan PT Aneka Tambang Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Freeport Indonesia, PT Indonesia Asahan Aluminium, PT Timah Tbk, dan PT Vale Indonesia Tbk, terus menjalankan operasional yang mengutamakan peningkatan nilai tambah optimal serta implementasi prinsip tata kelola perusahaan yang baik.

Grup MIND ID meyakini mineral dan batubara adalah sumber daya alam terbatas, sehingga pemanfaatannya harus berlandaskan perhitungan yang matang agar mampu memberi dampak sebesar-besarnya bagi negara dan kesejahteraan seluruh masyarakat. "Subroto Award 2024 dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) adalah kesempatan yang sangat baik bagi kami di Grup MIND ID untuk memperbarui semangat dan konsistensi kami dalam menjalankan operasional berkelanjutan," katanya.

Heri melanjutkan, dari sisi operasional, Grup MIND ID mengedepankan smart operation melalui automasi, digitalisasi, dan inovasi demi menciptakan efisiensi serta mampu meminimalisir risiko kerja. Selanjutnya, Grup MIND ID menetapkan standar operasional untuk memastikan peningkatan kinerja dapat konsisten dicapai dalam jangka panjang.

Seluruh inisiatif strategis dijalankan dengan semangat untuk membangun integrasi yang lebih luas agar rantai manfaat dapat dirasakan seluruh pihak, termasuk masyarakat sekitar operasional.

Adapun, Grup MIND ID meraih tujuh penghargaan Subroto Award 2024. PT Aneka Tambang Tbk (ANTAM) mendapatkan dua penghargaan di unit kerjanya, yakni ANTAM UPBE Pongkor sebagai Pemenang Kontribusi kepada Masyarakat dan PT GAG Nikel sebagai Pemenang Kepatuhan Kewajiban terhadap Penerimaan Negara Bukan Pajak.

PT Bukit Asam Tbk (PTBA) juga meraih dua penghargaan untuk kategori Pemenang Kontribusi kepada Masyarakat dan Pemenang Kepatuhan Kewajiban terhadap Penerimaan Negara Bukan Pajak. Selain itu, PT Freeport Indonesia mendapatkan dua penghargaan dalam kategori Pemenang Kontribusi kepada Masyarakat dan Pemenang Kelompok Keselamatan Keteknikan dan Perlindungan Lingkungan.

Selanjutnya, PT Vale Indonesia Tbk mendapatkan penghargaan kategori Pemenang Kontribusi kepada Masyarakat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement