Kamis 10 Oct 2024 13:37 WIB

Pertamina Lubricants Luncurkan Program Enduro Home Service di SMK Negeri 1 Brondong

Program diharapkan mencetak wirausaha muda kompeten dan siap hadapi dunia otomotif.

 PT Pertamina Lubricants melalui Sales Region V Surabaya telah meresmikan program Enduro Home Service (EHS) di SMK Negeri 1 Brondong, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur.
Foto: Pertamina Lubricants
PT Pertamina Lubricants melalui Sales Region V Surabaya telah meresmikan program Enduro Home Service (EHS) di SMK Negeri 1 Brondong, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, LAMONGAN -- PT Pertamina Lubricants melalui Sales Region V Surabaya telah meresmikan program Enduro Home Service (EHS) di SMK Negeri 1 Brondong, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi siswa sekaligus mengembangkan kemandirian kewirausahaan siswa dalam bidang otomotif. Enduro Home Service (EHS) merupakan bagian dari inisiatif tanggung jawab sosial PT Pertamina Lubricants yang memberikan pembekalan mekanik, pengetahuan produk, serta manajemen dan teknik pemasaran kepada siswa.

Acara ini dihadiri oleh Kepala SMK N 1 Brondong Heny Karjanto, Kepala Cabang Pendidikan Wilayah Lamongan Kusnadi, serta 30 siswa jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) dari kelas 10 hingga 12. Corporate Secretary PT Pertamina Lubricants Hardiyanto Tato dan Senior CSR Officer PT Pertamina Lubricants Subhan Amrullah juga turut hadir.

Baca Juga

Dalam sambutannya, Hardiyanto Tato menegaskan komitmen PT Pertamina Lubricants untuk memperluas jangkauan program EHS ke berbagai sekolah di seluruh Indonesia. Ia berharap program ini dapat mencetak wirausaha muda yang kompeten dan siap menghadapi dunia industri otomotif.

photo
PT Pertamina Lubricants melalui Sales Region V Surabaya telah meresmikan program Enduro Home Service (EHS) di SMK Negeri 1 Brondong, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. - (Pertamina Lubricants)

Kepala SMK Negeri 1 Brondong, Heny Karjanto, turut menyambut positif kerja sama ini yang selaras dengan model pembelajaran Teaching Factory dan mempersiapkan siswa untuk bersaing di dunia kerja. Acara ditandai dengan penandatanganan kesepakatan dan penyerahan piagam serta peralatan servis motor secara simbolis, diikuti oleh pelatihan servis ringan yang dipandu oleh instruktur dari Balai Latihan Kerja Kabupaten Tuban.

Salah satu siswa peserta program, Nur Maulida Wulan, mengungkapkan program ini sangat bermanfaat untuk menambah pengetahuan dan keterampilan teknis di bidang mekanik serta kewirausahaan.

Enduro Home Services (EHS) adalah program yang didirikan pada tahun 2018. Program ini bertujuan untuk memberdayakan siswa sekolah vokasi melalui pelatihan keterampilan mekanik dan wirausaha dengan metode door to door ke rumah pelanggan. Hingga saat ini, program ini melibatkan kerja sama dengan Dirjen Pendidikan Vokasi, Integrated Lubrication Management Academy (ILMA) dan distributor resmi Pertamina Lubricants, dan telah diterapkan di 25 sekolah binaan di berbagai wilayah.

Sejak dimulainya sampai tahun 2023, lebih dari 2.500 siswa telah mendapat manfaat dari upskilling yang berfokus pada praktik mekanik dan kewirausahaan. Dukungan perusahaan dalam mengembangkan bengkel sekolah sebagai tempat praktik siswa menjadikan program Enduro Home Service unik Peserta program tidak hanya mendapatkan pelatihan teknis, tetapi juga kesempatan untuk mengasah bakat entrepreneurship mereka melalui praktik home service di lingkungan masyarakat, menciptakan generasi muda yang siap bersaing di dunia kerja, khususnya di industri otomotif.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement