REPUBLIKA.CO.ID,TOKYO-Honda Motor Co Jepang akan meluncurkan merek kendaraan listrik barunya "0" (nol) di pasar Amerika Utara pertama kali pada tahun 2026.
Di bawah filosofi pengembangan "Tipis, Ringan, dan Bijaksana," EV merek baru Honda ini akan ringan dan ringkas dengan menggabungkan kecerdasan buatan dan teknologi canggih lainnya. Merek tersebut diposisikan sebagai pemain kunci dalam strategi global Honda untuk melawan para pesaingnya Tesla Inc dari Amerika Serikat dan BYD Co dari China.
"Kami yakin bahwa arah 0 tidak salah," kata Presiden dan CEO Honda Toshihiro Mibe dalam konferensi pers di kota Haga, Prefektur Tochigi, Jepang timur, pada 2 Oktober.
Dimulai dengan pasar Amerika Utara, Honda berencana untuk menyebarkan merek baru tersebut ke seluruh dunia, merilis total tujuh model dengan berbagai ukuran pada tahun 2030, saat penjualan kendaraan listrik diperkirakan akan mendominasi pasar kendaraan global.
Honda juga berencana untuk memperkenalkan merek baru tersebut di Jepang. "Kami sedang memikirkan berbagai hal," kata Mibe tentang strategi penjualan domestik untuk seri 0.
Produsen mobil tersebut telah meluncurkan prototipe seri 0 seperti sedan rendah Saloon yang berbentuk seperti mobil sport. Pada Consumer Electronics Show yang akan diadakan di Las Vegas pada Januari 2025, perusahaan tersebut mempertimbangkan untuk meluncurkan kendaraan yang lebih mendekati model produksi massal dari merek baru tersebut.