Selasa 08 Oct 2024 06:03 WIB

Jalin Raih Dua Penghargaan di Singapura

Pengembangan QRIS memungkinkan transaksi di Thailand, Malaysia, dan Singapura.

Direktur Utama Jalin, Ario Tejo Bayu Aji di Singapura.
Foto: Republika.co.id
Direktur Utama Jalin, Ario Tejo Bayu Aji di Singapura.

REPUBLIKA.CO.ID, SINGAPURA -- Jalin Pembayaran Nusantara (Jalin) meraih dua penghargaan di ajang Asian Experience Awards 2024 yang diselenggarakan oleh The Asian Business Review (Charlton Media Group) di Singapura pada Kamis (3/10/2024). Dua penghargaan itu adalah Indonesia Brand Experience of the Year-Financial Services dan Indonesia Product Experience of the Year-Financial Services untuk ATM Link.

Direktur Utama Jalin, Ario Tejo Bayu Aji menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh pihak, terutama kepada karyawan, pemegang saham, Kementerian BUMN, serta seluruh member jaringan 'Link' atas torehan tersebut. Dia menjelaskan, saat ini jaringan Link sudah berjumlah lebih 70 entitas dari sektor perbankan dan fintech yang tersebar di seluruh Indonesia.

"Visi Jalin bertujuan untuk menciptakan platform layanan bersama yang mengintegrasikan berbagai kanal pembayaran dan penyedia layanan, guna mencapai interkoneksi dan interoperabilitas sistem pembayaran nasional, serta memastikan inklusi keuangan yang merata sehingga no one left behind," ujar Ario di Jakarta, Selasa (8/10/2024).

Menurut Ario, hingga semester pertama 2024, perseroan yang menjadi bagian Holding BUMN Danareksa berfokus pada pengembangan tiga pilar bisnis utama, yaitu Universal Switching Powerhouse, National Cash Champion, dan Collaborative Digital Enabler. Fokus itu sejalan upaya mendukung pertumbuhan ekonomi digital Indonesia serta memperluas jangkauan layanan hingga ke daerah terpencil.

Sejalan dengan Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia (BSPI) 2030 yang diinisiasi oleh Bank Indonesia, kata Ario, Jalin terus memainkan peran aktif dalam berbagai inisiatif inovatif yang membentuk masa depan pembayaran digital di Indonesia. Dia menyebut, perseroaan ingin mengembangkan infrastruktur, mendorong inovasi industri,

dan memperluas kolaborasi internasional untuk menghadirkan sistem pembayaran yang lebih maju dan inklusif.

Sebagai bagian dari komitmen tersebut, Jalin terlibat dalam pengembangan QRIS antarnegara, yang memungkinkan transaksi lintas negara, seperti Thailand, Malaysia, dan Singapura, serta negara lain yang akan bergabung ke depannya. Jalin juga memperluas pengembangan teknologi QRIS Tap berbasis NFC secara bertahap serta implementasi QRIS Tuntas, yang mencakup layanan penarikan tunai, transfer, serta setor tunai.

"Masa depan industri perbankan dan fintech di Indonesia akan didorong oleh penggunaan infrastruktur bersama dan fitur-fitur inovatif. Jalin turut berperan dalam membentuk masa depan sektor-sektor tersebut melalui pendekatan strategis yang mendukung optimalisasi biaya operasional dan investasi bagi perbankan nasional, daerah, serta fintech, sehingga mereka dapat lebih fokus pada peningkatan layanan bagi nasabah," ucap Ario.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement