Kamis 26 Sep 2024 07:42 WIB

PTPN IV Regional 1 dan 2 Jalin Kerja Sama dengan Kodam Bukit Barisan

Ini untuk menciptakan rasa aman dan situasi yang kondusif.

Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Teknis (PKST) antara PTPN IV PalmCo Regional 1 dan 2 telah berlangsung pada hari Rabu, 25 September 2024 berlangsung di Aula AH Nasution Kodam I Bukit Barisan Jalan Gatot Subroto, Medan, Sumatra Utara.
Foto: PTPN IV
Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Teknis (PKST) antara PTPN IV PalmCo Regional 1 dan 2 telah berlangsung pada hari Rabu, 25 September 2024 berlangsung di Aula AH Nasution Kodam I Bukit Barisan Jalan Gatot Subroto, Medan, Sumatra Utara.

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Teknis (PKST) antara PTPN IV PalmCo Regional 1 dan 2 telah berlangsung pada hari Rabu, 25 September 2024 berlangsung di Aula AH Nasution Kodam I Bukit Barisan Jalan Gatot Subroto, Medan, Sumatra Utara. Dalam kesempatan itu hadir antara lain Pangdam I/BB, Irdam I/BB, Kapoksahil Pandam I/BB, Danrem 022/PT, Danrem 023/KS, Asintel Kasdam I/BB, Asops Kasdam I/BB, Aster Kasdam I/BB, Dandim 0201/Medan, Danbrigif 7/RR, Danpomdam I/BB, Kakumdam I/BB Danyonif 121/MK, Irwan Perangin-angin, Direktur Kelembagaan PTPN IV, Ahmad Gusmar Harahap, Region Head 1 dan Sudarma Bakti Lessan, Region Head 2.

Mayjen TNI Mochammad Hasan, Pangdam I Bukit Barisan dalam sambutannya mengatakan bahwa TNI AD senantiasa memelihara kerja sama teritorial untuk memelihara dan meningkatkan hubungan erat antara kementerian, kelembagaan dan non-kementerian baik di pusat dan daerah untuk mensukseskan program pemerintah.

Baca Juga

“TNI AD memiliki tugas pokok selain melaksanakan operasi militer untuk perang, juga bertanggung jawab untuk operasi militer selain perang yakni mengamankan objek vital nasional yang bersifat strategis serta pemberdayaan wilayah pertahanan beserta kekuatan pendukungnya sejak dini sesuai konsep sistem pertahanan semesta,” katanya di depan seluruh hadirin.

Perjanjian kerja sama tersebut merupakan tindak lanjut MoU antara Kementerian BUMN dan TNI dalam hal ini antara PTPN dan TNI AD untuk menjaga sumber daya alam dalam rangka menjaga dan mengelola sumber daya vital untuk kesejahteraan bangsa. Upaya yang dilakukan TNI AD tersebut misalnya melalui pembinaan teritorial satuan kewilayahan dan non-kewilayahan untuk mendukung operasional PTPN yang fokus menjaga keamanan dan ketertiban, menjaga komunikasi sosial yang erat dengan masyarakat, patroli untuk memastikan keamanan, bela negara dan meningkatkan kesiapsiagaan di masyarakat untuk memperkuat ketahanan nasional. Perjanjian kerja sama teknis antara PTPN IV dan TNI AD untuk menciptakan rasa aman dan situasi yang kondusif guna kelangsungan kegiatan usaha PTPN serta meningkatkan kemampuan dalam efektivitas keamanan penyelesaian aset.

Irwan Perangin-angin, Direktur Kelembagaan PTPN IV mengucapkan terima kasih atas penandatanganan yang dilakukan dan sangat mengapresiasi atas bantuan yang telah diberikan Kodam I Bukit Barisan selama ini. Ia mengatakan bahwa PTPN telah memasuki industri hulu dan hilir, tanpa bantuan TNI AD barangkali PTPN tidak mungkin sukses, karena apa yang telah dilakukan tidak hanya melakukan pengamanan namun melakukan tindakan persuasif ke masyarakat.

"Kami selalu minta support dari Bukit Barisan untuk mendukung PalmCo sebagai perusahaan sawit terbesar di Indonesia,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement