Jumat 13 Sep 2024 05:40 WIB

Perusahaan Diminta Perhatikan Lingkungan dan Sosial

Perusahaan punya peluang lebih besar untuk survive di masa datang.

Top GRC Award 2024
Foto: Dok GRC
Top GRC Award 2024

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Perusahaan dinilai tidak bisa hanya berfokus ke aspek keuangan saja dalam bisnis era sekarang. Aspek lingkungan dan sosial pun dibutuhkan untuk survive di masa yang datang.

“Nantinya, yang akan dihargai oleh publik adalah perusahaan yang juga fokus ke lingkungan dan sosial,” kata Sekretaris Jenderal Komite Nasional Kebijakan Governance (KNKG), Prof. Sidharta Utama, Ph.D., CA CFA, saat menjadi pembicara kunci dalam acara puncak Top GRC Awards 2024.

Baca Juga

Sidharta menjelaskan, perusahaan punya peluang lebih besar untuk survive di masa yang akan datang.“Jadi, aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan, perlu dibangun secara bersama oleh perusahaan-perusahaan, untuk jangka panjang,”ujar dia lewat keterangan tertulis kepada Republika.

Untuk itu penerapan GRC (Governance, Risk, and Compliance) menjadi penting untuk mendukung bisnis perusahaan tumbuh secara berkelanjutan. Ketua Dewan Juri Top GRC Awards 2024, Dr. Antonius Alijoyo mengatakan, “Top GRC Awards 2024 memiliki arti dan manfaat yang penting, yakni untuk mendorong perusahaan-perusahaan di Indonesia, agar kinerja bisnisnya dapat terus tumbuh secara berkelanjutan, dengan didasari pada penerapan prinsip-prinsip Good Governance, Risk Management, dan Compliance Management, yang efektif dan terintegrasi. “

“Dengan semakin efektifnya implementasi GRC ini, kinerja bisnis perusahaan-perusahaan di Indonesia, akan tetap aman dan tumbuh dengan baik, sehingga kepercayaan masyarakat dan investor, baik dari dalam dan luar negeri, akan tetap terjaga dan bahkan makin meningkat,”ujar dia.

Acara puncak Top GRC (Governance, Risk, and Compliance) Awards 2024 digelar Rabu,  (11/9/2024), di Hotel Raffles Jakarta. Ajang yang digelar oleh Majalah TopBusiness tersebut, diikuti ratusan hadirin dari berbagai kalangan. Top GRC Awards diselenggarakan setiap tahun sejak 2019. Dan tahun 2024 ini, merupakan penyelenggaraan yang keenam.

Ketua Penyelenggara Top GRC Awards 2024, M. Lutfi Handayani, mengatakan bahwa tema yang diangkat untuk tahun 2024 ini adalah Leadership for Sustainable Impact: GRC, ESG, and SD’s.

“Artinya, melalui Top GRC Awards 2024 ini, kami ingin terus mendorong pertumbuhan bisnis perusahaan peserta agar terus tumbuh berkelanjutan, melalui pendekatan GRC, ESG (environment, social, and governance), dan SDGs (sustainable development goals),” kata Lutfi yang juga Pemimpin Redaksi Majalah TopBusiness tersebut. Agar bisnis tumbuh berkelanjutan, maka implementasi GRC juga harus berkelanjutan. Hal ini memerlukan Leader yang memiliki komitmen dan kesungguhan dalam menjalankan GRC di perusahaannya.

Lutfi pun mengatakan bahwa Top GRC Awards adalah kegiatan penilaian dan pemberian penghargaan GRC tingkat nasional yang diberikan kepada perusahaan-perusahaan yang dinilai berkinerja baik, dan telah menerapkan GRC secara efektif dan berkualitas dalam pengelolaan  bisnis.

Selain kegiatan penilaian dan pemberian penghargaan, di dalam Top GRC Awards juga banyak aspek pembelajaran bersama di bidang implementasi GRC, khususnya bagi perusahaan-perusahaan peserta. Pembelajaran bersama tersebut, diantaranya adalah, Sesi Nilai Tambah dalam kegiatan wawancara penjurian,  Webinar Top GRC Awards 2024 yang diselenggarakan 4 September 2024, dan GRC Summit, di Yogyakarta, 23-24 Agustus 2024.

Adapun jumlah peserta TOP GRC Awards 2024 ini adalah sebanyak 112 perusahaan. Jumlah ini meningkat 14% dibandingkan tahun 2023 lalu. Dan menariknya, pada saat sesi wawancara dengan Dewan Juri, sangat  banyak perusahaan yang mengikutsertakan Dewan Komisaris untuk hadir, selain Direksi dan Tim GRC. “Ini menunjukkan tingginya perhatian dan komitmen Top Level Management dalam keberhasilan GRC di perusahaannya,” ujar dia.

Sejumlah perusahaan terbaik yang menerima penghargaan prestis tersebut. Diantara itu adalah Pupuk Sriwidjaja Palembang, Pos Indonesia, Bumi Resources, Bank BNI, Jasa Raharja, Lintasarta, Kaltim Melati Bhakti Satya, Sarana Multi Infrastruktur.

Lantas, ada perusahaan berikut ini: Haleyora Power, Pupuk Kujang, Geo Dipa Energi, Pertalife Insurance, Aviasi Pariwisata (Persero) In Journey Holding, Pelayaran Bahtera Adhiguna, Indo Tambangraya Megah, Asuransi Sinar Mas, Bukit Asam, dan masih banyak lagi perusahaan terkemuka lainnya.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement