Selasa 10 Sep 2024 16:42 WIB

Belajar Perceraian Jennifer Lopez-Ben Affleck, Seberapa Perlu Perjanjian Pranikah?

Perjanjian pranikah dapat melindungi pasangan dari utang dan tanggungan.

Rep: Eva Rianti/ Red: Friska Yolandha
 Aktor Ben Affleck dan penyanyi Jennifer Lopez. Keduanya telah menikah di Las Vegas, AS pada Sabtu (16/7/2022).
Foto:

Terpisah, Certified Financial Planner OneShildt Agustina Fitria mengatakan, prenuptial agreement bisa mengatur beberapa hal, termasuk keuangan kaitannya dalam bentuk pemisahan harta dan utang. Atau juga pemisahan penghasilan dan pengeluaran yang diperoleh selama perniakahan berlangsung. 

"Umumnya dilakukan oleh orang yang punya bisnis, menikah dengan WNA (Warga Negara Asing), dan lain-lain," ujar Agustina kepada Republika, Senin (9/9/2024). 

Pentingnya prenuptial agreement tersebut diantaranya bisa terlihat dari kasus misalnya salah satu pihak memiliki utang, baik pribadi maupun bisnis. Uang tersebut tidak akan membebani keuangan pihak yang tidak berutang tersebab sudah ada prenuptial agreement atau perjanjian pranikah.

Sebelumnya diberitakan, dikutip dari People, perpisahan Lopez dan Afflek dikabarkan berpotensi menjadi buruk, menurut seorang sumber. Pasalnya, pasangan tersebut tidak memiliki perjanjian pranikah ketika mereka kawin lari di Las Vegas pada 2022 lalu. 

Sumber tersebut menyatakan, Lopez dan Affleck saat ini sedang dalam proses mediasi dengan pengacara terkemuka Laura Wasser (klien sebelumnya termasuk Kim Kardashian dan Kevin Costner). Namun, diungkapkan bahwa ada beberapa masalah keuangan dalam proses tersebut. 

Dalam petisi cerai Lopez pada 20 Agustus —yang diajukannya pada peringatan dua tahun perayaan pernikahannya dengan Affleck di tanah miliknya di daerah Savannah— ia menulis bahwa aset mereka tidak diketahui olehnya saat ia mengajukannya.

Menurut hukum negara bagian California, hanya pendapatan yang diperoleh Lopez dan Affleck atau aset yang mereka peroleh selama dua tahun pernikahan mereka yang akan dianggap sebagai harta bersama dan dapat dibagi.

Namun, itu bukanlah jumlah yang kecil. Mereka membeli rumah mewah di Beverly Hills pada Juli 2023, yang mereka daftarkan seharga 68 juta dolar AS. Dan masing-masing dilaporkan telah menghasilkan jutaan dolar melalui film dan dukungan seperti iklan Dunkin.

Saat Lopez dan Affleck mencoba menyelesaikan masalah keuangan, beberapa sumber telah membagikan detail baru tentang keadaan perpisahan mereka, yang menurut orang dalam sebagian disebabkan oleh kepribadian mereka yang sangat berbeda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement