Ahad 28 Jul 2024 15:14 WIB

Ekonom Kritik Penyelenggaraan Olimpiade karena Goyangnya Kondisi Finansial Tuan Rumah

Ini Olimpiade pertama yang total biayanya mencapai di bawah 10 miliar dolar AS.

Trocadero dan Menara Eiffel diterangi Cincin Olimpiade saat upacara pembukaan Olimpiade Musim Panas 2024 di Paris, Prancis, Jumat (26/7/2024). Upacara pembukaan Olimpiade Paris dilakukan di sepanjang Sungai Seine, tidak di dalam stadion seperti lazimnya upacara pembukaan Olimpiade. Hujan yang turun sepanjang acara pembukaan tidak menghilangkan kemegahan Opening Ceremony Olimpiade Paris 2024. Atlet judo Prancis Teddy Riner dan pelari juara Olimpiade tiga kali Marie-Jose Perec menyalakan kaldron Olimpiade yang diikatkan pada balon raksasa. Ini merupakan simbol penghormatan kepada pelopor penerbangan berawak Prancis pada masa lalu.
Foto:

Otoritas Pengembangan Regional Olimpiade Lake Placid mengatakan kepada CNN bahwa lokasi Olimpiade di wilayah tersebut terus menarik pariwisata, menarik acara kejuaraan besar (termasuk piala dunia bersepeda dan olahraga salju), mengembangkan atlet masa depan, dan menyumbang dampak ekonomi tahunan sebesar 341,8 juta dolar AS, menurut untuk studi Ekonomi Pariwisata baru-baru ini.

Masa Depan One-City?

IOC dan komunitas tuan rumah berharap dapat membuat acara ini lebih berkelanjutan secara ekonomi, lingkungan, dan sosial.Untuk Olimpiade Paris 2024, merupakan yang pertama selaras dengan peta jalan Agenda 2020 IOC berisi 40 rekomendasi untuk memastikan kelangsungan acara tersebut di masa depan, penyelenggara telah mengumumkan serangkaian inisiatif yang bertujuan untuk mengurangi dampak dari Olimpiade tersebut.

Hal ini mencakup pembangunan hanya satu fasilitas olah raga permanen (pusat akuatik rendah karbon berbasis bio yang dirancang untuk digunakan di masa depan oleh masyarakat umum dan atlet Olimpiade Prancis), dan sebagai gantinya mengandalkan bangunan yang sudah ada atau sementara yang memamerkan monumen-monumen terkenal kota tersebut sambil ‘olahraga di luar stadion’.

Penyelenggara di Paris juga memuji upaya untuk meminimalkan jejak karbon dari pertandingan tersebut, dengan mengandalkan barang-barang yang berdampak rendah atau didaur ulang jika memungkinkan, seperti furnitur yang dibuat dengan shuttlecock. Dan mengidentifikasi kehidupan kedua untuk struktur dan peralatan sementara yang digunakan untuk pertandingan tersebut.

Selain itu, perkampungan Olimpiade Paris akan diubah menjadi perkantoran dan perumahan di lingkungan yang secara historis miskin. Namun, upaya revitalisasi telah menimbulkan kekhawatiran akan pengungsian ribuan orang dan dampak negatif gentrifikasi.

Menantikan Los Angeles pada 2028, upaya serupa sedang dilakukan untuk Olimpiade “No Build”. Pertandingan LA mendatang tidak hanya akan mengandalkan infrastruktur yang ada, namun beberapa acara akan diadakan 1,300 mil jauhnya di Oklahoma, yang memiliki fasilitas softball dan kano slalom.

Namun, para ekonom mengatakan, mungkin diperlukan langkah yang lebih drastis di masa depan agar Olimpiade benar-benar berkelanjutan dan sehat secara ekonomi. Untuk memastikan kelangsungan Olimpiade dalam jangka panjang, Matheson, Zimbalist, dan Phalin mengatakan mereka mungkin harus menunjuk satu kota atau menggilir beberapa kota untuk menjadi tuan rumah permanen pertandingan tersebut.

“Saya menyukai Olimpiade dan menyukai acara olahraga, namun menurut saya cara kerja Olimpiade saat ini bukanlah model bisnis yang layak,” kata Phalin.

“Tidak masuk akal secara ekonomi, setiap empat tahun, membangun jaringan infrastruktur besar yang berhubungan dengan olahraga,” tutupnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement