Rabu 10 Jul 2024 08:34 WIB

Anggota ID Food Siap Ekspor 39,6 Ton Kopi ke Mesir

PPI akan meningkatkan akses pasar dan kerja sama dalam memasok kopi ke mancanegara.

Rep: Muhammad Nursyamsi / Red: Satria K Yudha
Petani memanen kopi Arabika di perladangan kawasan lereng Gunung Sindoro, Desa Kwadungan, Kledung, Temanggung, Jawa Tengah, Senin (1/7/2024).
Foto: ANTARA FOTO/Anis Efizudin
Petani memanen kopi Arabika di perladangan kawasan lereng Gunung Sindoro, Desa Kwadungan, Kledung, Temanggung, Jawa Tengah, Senin (1/7/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota holding BUMN pangan (ID Food), PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) melakukan stuffing atau proses kegiatan muat barang kopi green bean jenis robusta. Direktur Utama PPI S Hernowo mengatakan, sebanyak 39,6 ton kopi green bean jenis robusta dari Lampung akan diekspor ke Mesir melalui Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, pada awal pekan depan. 

"Ekspor kopi tersebut merupakan realisasi atas kerja sama perdagangan antara PPI dengan Haggag Import Company, Mesir yang dilakukan dalam gelaran Trade Expo Indonesia (TEI) 2023 di ICE BSD," ujar Hernowo dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (9/7/2024).

Hernowo mengatakan ekspor kopi ini merupakan realisasi kedua berdasarkan rencana kontrak kerja sama sebanyak 475 ton kopi. Hernowo mengatakan PPI sebelumnya telah melakukan ekspor perdana kopi perdana jenis robusta sebanyak 79,2 ton ke Mesir pada Desember 2023. 

"Kami terus melakukan realisasi atas kerja sama, termasuk ekspor kopi ke Mesir kali ini. PPI sendiri telah melakukan ekspor kopi ke Mesir sejak 2018," ucap Hernowo. 

Hernowo menyebut realisasi ekspor ini menjadi salah satu upaya PPI dalam mendukung pertumbuhan bisnis  perusahaan dan membantu pemerintah untuk mencapai surplus perdagangan. Melalui ekspor tersebut, ucap Hernowo, PPI terus memperluas peluang pasar baru di Mesir dan negara lainnya melalui produk kopi. "Kita terus berkomitmen untuk secara berkelanjutan melakukan ekspor kopi," sambung Hernowo. 

Hernowo menilai kopi merupakan salah satu komoditas yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan. Hernowo menyampaikan PPI akan terus meningkatkan akses pasar dan kerja sama dalam memasok kopi ke mancanegara. 

"PPI mendorong perdagangan internasional dengan memasok kopi, salah satunya jenis robusta dengan kualitas biji kopi yang baik dan kemasan yang aman dan sesuai standarisasi," kata Hernowo. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement