Ahad 07 Jul 2024 12:47 WIB

Medsos Dongkrak Pertumbuhan Wisata Religi di India 

Sejak Januari, pelaku bisnis menyaksikan pertumbuhan sebesar 60 hingga 70 persen.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Gita Amanda
Kuil di India
Foto: AP
Kuil di India

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- Wisata spiritual sedang berkembang pesat di India berkat jangkauan media sosial yang luas dan konektivitas transportasi yang lebih baik. Di India, banyak Generasi Z lebih menyukai kuil daripada klub malam.

Penduduk asli distrik Prayagraj di negara bagian Uttar Pradesh di India utara, Shivam Dwivedi, berdoa di kuil lingkungannya setidaknya dua kali seminggu. Remaja berusia 19 tahun itu dan teman-temannya menghindari perjalanan ke pantai dan tempat-tempat pesta yang populer di kalangan kelompok usia ini. Sebaliknya, Dwivedi dan teman-temannya, Saurabh Shukla (21) dan Anand Dwivedi (20) lebih suka mengunjungi tempat-tempat suci Hindu yang penting, beberapa di antaranya berada di pelosok-pelosok negara.

Shukla yang sedang belajar, mengaku mendapatkan kedamaian mental dan menemukan sumber energi dalam perjalanan mereka ke tempat-tempat keagamaan. "Kami merasa terhubung dengan Tuhan. Ada sumber energi yang mengalir dalam diri kami yang memberi kami kedamaian mental karena tekanan pendidikan dan pengembangan karier sering kali menjadi terlalu berat untuk ditangani," kata Shukla dilansir dari Aljazirah, Ahad (7/7/2024).

Pendiri Temple Connect, sebuah perusahaan yang menyediakan informasi tentang kuil-kuil Hindu bagi para peziarah global, Giresh Vasudev Kulkarni, mengatakan meluasnya penggunaan media sosial ditambah rasa ingin tahu di kalangan anak muda telah membantu meningkatkan wisata spiritual di negara tersebut. Kulkarni mengatakan generasi muda sangat tergila-gila dengan media sosial, di mana orang-orang membuat konten dengan menjangkau tempat-tempat yang sebelumnya dianggap jauh dan terpencil. 

"Konten-konten seperti itu ketika diunggah di YouTube dan platform media sosial lainnya membangkitkan rasa ingin tahu di antara orang-orang, terutama kaum muda, untuk berkunjung ke sana guna membuat konten serupa atau untuk berdoa," ucap Kulkarni.

Pendiri Spiritual Tour, sebuah perusahaan berbasis di Varanasi yang menawarkan tur ke tempat-tempat keagamaan, Santosh Singh menunjukkan peresmian kuil Ram di Ayodhya merupakan terobosan besar dalam kebangkitan wisata spiritual. Santosh menyampaikan jalan baru yang menghubungkan Varanasi dan Ayodhya, kedua kota di Uttar Pradesh, telah memangkas waktu tempuh menjadi empat jam dari enam jam, katanya.

Santosh mengatakan para peziarah juga telah melakukan perjalanan ke Sarnath, sekitar 10 km (6 mil) di timur laut Varanasi. Tempat ini dianggap sebagai tempat di mana Gautama Buddha memberikan khotbah pertamanya setelah mencapai pencerahan.

"Sejak Januari, kami menyaksikan pertumbuhan bisnis sebesar 60 hingga 70 persen. Sebelumnya, ada musim sepi antara April hingga September, tetapi sekarang terjadi lonjakan besar, dan bahkan sekitar 2.000 hotel di Varanasi kesulitan menampung lonjakan pengunjung," kata Singh.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement