Ahad 07 Jul 2024 09:03 WIB

Sambut Tahun Ajaran Baru, Masyarakat Berburu Peralatan Sekolah

Pasar menyediakan berbagai peralatan sekolah yang harganya cukup murah.

Warga membeli seragam sekolah untuk anaknya di pasar, (ilustrasi)
Foto: Republika/Thoudy Badai
Warga membeli seragam sekolah untuk anaknya di pasar, (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Memasuki tahun ajaran baru masyarakat mulai ramai membeli berbagai perlengkapan sekolah di beberapa pasar termasuk di Kota Medan, salah satunya Pusat Pasar Medan Jalan MT Haryono. Santi, salah seorang warga yang ditemui saat berbelanja di Pusat Pasar Medan, mengatakan, ia sengaja datang ke pasar untuk berbelanja peralatan sekolah mulai dari pakai seragam, buku hingga alat tulis. 

Pusat Pasar Medan, kata dia, menyediakan berbagai peralatan sekolah yang harganya cukup murah jika harus berbelanja ke pasar modern. "Harus dicicil karena kalau nggak nanti uangnya terpakai untuk keperluan lain, soalnya bisa habis Rp 1 jutaan untuk peralatan sekolah ini dan disini kan murah jadi bisa ambil sekali banyak," katanya.

Baca Juga

Sementara Patri, salah seorang pedagang juga mengaku senang dengan antusias masyarakat yang masih mau berbelanja langsung di pasar. "Lumayan ramai, tapi untung tidak banyak, karena udah kalah sama pedagang online shop, tapi ini sudah lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya atau saat Covid itu anjlok modal juga tidak kembali," kata Patri. 

Patri mengaku persaingan di Pusat Pasar juga sudah cukup sulit karena banyaknya pedagang baru yang bermunculan. "Sebenarnya disini pun udah banyak pedagang baru muncul kalau ada momentum gini, semua kan butuh kerja jadi persaingannya juga lumayan,” ujarnya. 

Harga peralatan sekolah yang ditawarkan di Pusat Pasar pun bervariatif tergantung merek dan juga ketebalan isi buku. "Untuk harga disini hampir pukul rata semua pedagang sama, tergantung mereknya apa dan ketebalan isi bukunya, ada yang Rp 35 ribu sampai Rp 55 ribu per pax," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement