Jumat 05 Jul 2024 16:40 WIB

Tips Cara Merawat Baterai Mobil Listrik

Ada beberapa faktor yang memengaruhi daya tahan baterai.

Hyundai Motors Indonesia memperkenalkan All New Kona Electric. Mobil listrik ini diperkenalkan di ajang IIMS 2024 untuk pertama kalinya ke konsumen di Indonesia.
Foto: REPUBLIKA/FIRKAH FANSURI
Hyundai Motors Indonesia memperkenalkan All New Kona Electric. Mobil listrik ini diperkenalkan di ajang IIMS 2024 untuk pertama kalinya ke konsumen di Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID,Dalam beberapa tahun terakhir mobil listrik telah menjadi salah pilihan konsumen otomotif di Indonesia. Salah satu ciri khas mobil listrik adalah penggunaan teknologi baterai.

Pemilik mobil listrik tidak perlu lagi repot mengantre pengisian bahan bakar di SPBU. Cukup dengan mengisi daya baterai menggunakan charger portable yang dihubungkan ke stopkontak di rumah. 

Baca Juga

 

Namun, menjaga ketahanan baterai perlu menjadi perhatian untuk pengendara mobil listrik. Beberapa faktor yang mempengaruhi daya tahan baterai seperti kapasitas baterai, gaya mengemudi, kondisi cuaca, dan usia baterai. Merawat baterai mobil listrik penting dilakukan untuk memperpanjang daya tahannya. 

 

Berikut ini adalah tips perawatan baterai terbaik yang bisa dilakukan di rumah untuk memperpanjang usia baterai mobil listrik, yaitu:

1.  Pastikan baterai terpasang dengan aman.

2. Jaga agar bagian atas baterai dalam keadaan kering.

3. Jaga agar terminal dan sambungan tetap bersih, kencang, dan dilapisi dengan petroleum jelly atau grease/gemuk terminal.

4. Segera bilas elektrolit yang tumpah dari baterai dengan larutan air dan soda kue.

5. Jika kendaraan tidak akan digunakan untuk waktu yang lama, lepaskan kabel baterai.

 

Selain melakukan perawatan baterai, beberapa hal  juga perlu diperhatikan untuk menjaga keamanan penggunaan baterai pada mobil listrik. Pastikan pemilik mobil listrik telah membaca buku panduan dan memahami instruksi penanganan baterai. Jauhkan baterai dari sumber api atau bahan mudah terbakar dan dari jangkauan anak-anak. Jangan pernah gunakan perangkat pengisi daya yang tidak sesuai dengan spesifikasi.

 

Jika sudah saatnya pergantian baterai atau perawatan mobil listrik secara keseluruhan untuk merek Hyundai misalnya, maka bisa langsung datang ke bengkel resmi Hyundai Gowa terdekat. Bagi pelanggan yang membutuhkan layanan darurat, pelanggan bisa memanfaatkan Home Service Hyundai Gowa.

Ferry, Chief Operation Office Hyundai Gowa, menjelaskan sebagai salah satu pionir dalam memperkenalkan mobil listrik di Indonesia, Hyundai Gowa turut mendukung program penggunaan mobil listrik sesuai dengan visi Hyundai, Progress for Humanity,  untuk mewujudkan mobilitas yang lebih ramah lingkungan.

Saat ini, layanan Home Service Hyundai Gowa tersedia di 12 cabang di seluruh Indonesia, yaitu Hyundai Pramuka, Hyundai Kebon Jeruk, Hyundai Narogong, Hyundai Cikupa, Hyundai Ahmad Yani, Hyundai Padalarang, Hyundai HR Muhammad Surabaya, Hyundai Gresik, Hyundai Sidoarjo, Hyundai Sunset Road Bali, Hyundai Urip Sumoharjo Makassar, dan Hyundai Manado

 

 Bagi Anda yang ingin beralih ke mobil listrik, Hyundai Gowa memberikan kesempatan untuk mendapatkan nilai lebih kepada pelanggan. Khusus transaksi Hyundai IONIQ 6 di Hyundai Gowa, pelanggan juga bisa membawa pulang hadiah langsung berupa motor listrik United MX 1200 tanpa diundi. Syarat dan ketentuan berlaku.

 

“Hyundai Gowa berkomitmen untuk memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat untuk masa depan yang berkelanjutan. Kami harap, dengan adanya program ini, maka bisa menjadi game-changer demi memulai ekosistem kendaraan listrik di Indonesia,” kata Ferry. 

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement