Selasa 11 Jun 2024 12:09 WIB

Intel Setop Pembangunan Pabrik Chip Senilai 25 Miliar Dolar AS di Israel, Alasannya Karena

Israel pada Desember setuju untuk memberikan Intel hibah untuk bangun pabrik chip.

Rep: Eva Rianti/ Red: Friska Yolandha
Logo perusahaan semikonduktor INTEL dipamerkan selama pameran COMPUTEX 2022 di Taipei, Taiwan, 24 Mei 2022. Pembuat chip Intel Corp mengatakan pada Selasa (18/4/2023) bahwa pihaknya telah menghentikan produksi seri chip penambangan bitcoin.
Foto: EPA-EFE/RITCHIE B. TONGO
Logo perusahaan semikonduktor INTEL dipamerkan selama pameran COMPUTEX 2022 di Taipei, Taiwan, 24 Mei 2022. Pembuat chip Intel Corp mengatakan pada Selasa (18/4/2023) bahwa pihaknya telah menghentikan produksi seri chip penambangan bitcoin.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perusahaan Intel Corp dikabarkan menghentikan rencana pembangunan pabrik chip senilai 25 miliar dolar AS atau setara dengan Rp 407 triliun di Israel.

Situs berita keuangan Israel Calcalist mengatakan, Intel Copr pada Senin (10/6/2024) tidak mengonfirmasi ataupun menyangkal mengenai kabar penghentian pembangunan pabrik chip tersebut. Perusahaan Amerika itu justru menyampaikan perlunya menyesuaikan proyek-proyek besar dengan perubahan jadwal, tanpa merujuk langsung pada proyek tersebut.

Baca Juga

“Israel terus menjadi salah satu lokasi manufaktur dan penelitian dan pengembangan global utama kami dan kami tetap berkomitmen penuh terhadap kawasan ini,” kata Intel dalam sebuah pernyataan, dilansir Reuters, Selasa (11/6/2024).

Intel kemudian mengatakan, mengelola proyek berskala besar dalam industri mereka seringkali perlu langkah adaptif. Diterangkan olehnya bahwa dasar mengambil keputusan berdasarkan berbagai pertimbangan, mulai dari kondisi bisnis hingga pengelolaan modal.

“Keputusan kami didasarkan pada kondisi bisnis, dinamika pasar, dan pengelolaan modal yang bertanggung jawab,” lanjutnya.

Diketahui, Pemerintah Israel pada Desember setuju untuk memberikan Intel hibah sebesar 3,2 miliar dolar AS untuk membangun pabrik chip senilai 25 miliar dolar AS di Israel Selatan.

Intel sebelumnya mengatakan, pabrik yang diusulkan untuk lokasinya di Kiryat Gat, yang merupakan lokasi pabrik chip mereka, merupakan bagian penting dari upaya Intel untuk mendorong rantai pasokan global yang lebih tangguh. Itu bersamaan dengan investasi perusahaan di Eropa dan Amerika Serikat.

Intel mengoperasikan empat lokasi pengembangan dan produksi di Israel, termasuk pabrik manufakturnya di Kiryat Gat yang disebut Fab 28. Pabrik itu memproduksi teknologi Intel 7 atau chip 10-nanometer.

Sementara itu, pabrik Fab 38 yang direncanakan akan dibuka pada 2028 dan beroperasi hingga 2035. Intel diketahui mampu mempekerjakan hampir 12.000 orang di Israel.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَلْيَسْتَعْفِفِ الَّذِيْنَ لَا يَجِدُوْنَ نِكَاحًا حَتّٰى يُغْنِيَهُمُ اللّٰهُ مِنْ فَضْلِهٖ ۗوَالَّذِيْنَ يَبْتَغُوْنَ الْكِتٰبَ مِمَّا مَلَكَتْ اَيْمَانُكُمْ فَكَاتِبُوْهُمْ اِنْ عَلِمْتُمْ فِيْهِمْ خَيْرًا وَّاٰتُوْهُمْ مِّنْ مَّالِ اللّٰهِ الَّذِيْٓ اٰتٰىكُمْ ۗوَلَا تُكْرِهُوْا فَتَيٰتِكُمْ عَلَى الْبِغَاۤءِ اِنْ اَرَدْنَ تَحَصُّنًا لِّتَبْتَغُوْا عَرَضَ الْحَيٰوةِ الدُّنْيَا ۗوَمَنْ يُّكْرِهْهُّنَّ فَاِنَّ اللّٰهَ مِنْۢ بَعْدِ اِكْرَاهِهِنَّ غَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ
Dan orang-orang yang tidak mampu menikah hendaklah menjaga kesucian (diri)nya, sampai Allah memberi kemampuan kepada mereka dengan karunia-Nya. Dan jika hamba sahaya yang kamu miliki menginginkan perjanjian (kebebasan), hendaklah kamu buat perjanjian kepada mereka, jika kamu mengetahui ada kebaikan pada mereka, dan berikanlah kepada mereka sebagian dari harta Allah yang dikaruniakan-Nya kepadamu. Dan janganlah kamu paksa hamba sahaya perempuanmu untuk melakukan pelacuran, sedang mereka sendiri menginginkan kesucian, karena kamu hendak mencari keuntungan kehidupan duniawi. Barangsiapa memaksa mereka, maka sungguh, Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang (kepada mereka) setelah mereka dipaksa.

(QS. An-Nur ayat 33)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement