Rabu 22 May 2024 21:17 WIB

BI: Aliran Masuk Investasi Portofolio Capai 1,8 Miliar Dolar AS

BI catat devisa akhir April 2024 tetap tinggi sebesar 136,2 miliar dolar AS.

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo (tengah).
Foto: Republika/Rahayu Subekti
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo (tengah).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bank Indonesia (BI) mengatakan aliran masuk investasi portofolio kembali positif pada kuartal II-2024 sampai dengan 20 Mei 2024 secara neto tercatat sebesar 1,8 miliar dolar AS mendukung kinerja neraca pembayaran Indonesia (NPI).

Aliran masuk investasi portofolio tersebut didorong oleh dampak positif respons bauran kebijakan moneter Bank Indonesia.

Baca Juga

"Neraca pembayaran Indonesia tetap baik sehingga mendukung ketahanan eksternal," kata Perry dalam konferensi pers Hasil Rapat Dewan Gubernur BI Bulan Mei 2024 di Jakarta, Rabu.

Defisit transaksi berjalan triwulan I-2024 tetap rendah didukung oleh berlanjutnya surplus neraca perdagangan barang.

Sementara itu, neraca transaksi modal dan finansial kuartal I-2024 mencatat defisit, sejalan dengan ketidakpastian pasar keuangan global.

Perkembangan terkini pada triwulan II-2024 menunjukkan NPI kembali membaik ditopang oleh berlanjutnya surplus neraca perdagangan pada April 2024 sebesar 3,6 miliar dolar AS didukung oleh ekspor nonmigas.

Posisi cadangan devisa akhir April 2024 tetap tinggi sebesar 136,2 miliar dolar AS, setara dengan pembiayaan 6,1 bulan impor atau enam bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar tiga bulan impor.

Secara keseluruhan, NPI 2024 diprakirakan terjaga dengan transaksi berjalan dalam kisaran defisit rendah sebesar 0,1 persen sampai dengan 0,9 persen dari produk domestik bruto (PDB).

Neraca transaksi modal dan finansial diprakirakan tetap mencatatkan surplus didukung oleh peningkatan aliran masuk modal asing sejalan dengan meredanya ketidakpastian pasar keuangan global dan persepsi positif investor terhadap prospek perekonomian nasional dan imbal hasil investasi yang menarik.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement