Senin 13 May 2024 09:17 WIB

AgenBRILink Catatkan Volume Transaksi Rp 370 Triliun

Jumlah AgenBRILink juga meningkat 22,4 persen yoy.

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Ahmad Fikri Noor
Salah satu AgenBRILink BRI.
Foto: Dok. BRI
Salah satu AgenBRILink BRI.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – AgenBRILink yang merupakan perluasan layanan PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Tbk mengalami pertumbuhan yang pesat. Tercatat, sepanjang kuartal I 2024 agen layanan ini berhasil membukukan 285 juta transaksi finansial, meningkat 12,8 persen year-on-year (yoy) dari 252,5 juta transaksi per kuartal I 2023.

Peningkatan tersebut diiringi dengan volume transaksi mencapai Rp 370 triliun pada periode ini. Wakil Direktur Utama Catur Budi Harto mengatakan, jumlah AgenBRILink juga meningkat 22,4 persen yoy dari 650.780 agen per akhir Maret 2023 menjadi 796.836 agen per Maret 2024.

Baca Juga

“Jumlah AgenBRILink ini tersebar di 61.122 desa di seluruh pelosok Indonesia. Bahkan, kinerja mitra BRI ini turut menyumbang Fee Based Income (FBI) bagi BRI senilai Rp 395 miliar,” ujarnya dalam keterangan, Senin (13/5/2024).

Seperti diketahui, AgenBRILink menyediakan layanan keuangan bagi masyarakat Indonesia, dan tersebar hingga di daerah 3T (Terdepan, Terluar dan Tertinggal). Hal ini turut membantu peningkatan signifikan baik dari jumlah agen maupun volume transaksi.

Keberhasilan AgenBRILink diyakini tak terlepas dari strategi hybrid bank, yakni perpaduan layanan fisik dan digital untuk melayani segmen nasabah BRI yang beragam. Pada periode hari libur pun, agen ini selalu siap melayani kebutuhan finansial. 

Hadirnya AgenBRILink telah memudahkan aktivitas kehidupan masyarakat Indonesia melalui fitur-fiturnya, seperti, pembayaran tagihan listrik, air, iuran BPJS, telepon, pembelian pulsa, pembayaran cicilan, top-up BRIZZI, setoran pinjaman, memberikan layanan referral pembukaan rekening Tabungan, pinjaman, serta transaksi lainnya.

Selain itu, masyarakat juga dapat melakukan pembelian asuransi mikro, tarik tunai dari luar negeri, pembelian voucer permainan, serta melayani kebutuhan perjalanan dengan layanan pembelian tiket bus, shuttle dan kapal ferry.

Sementara itu pada kesempatan terpisah, Direktur Bisnis Mikro BRI Supari mengungkapkan bahwa rencana pengembangan AgenBRILink di masa depan. AgenBRILink akan didorong tidak hanya sebagai agen bank semata namun diberdayakan menjadi marketplace.

“Kita sudah punya use case AgenBRILink yang milik BRI, dijadikan marketplace. Kalau nanti satu AgenBRILink bisa punya kapabilitas sebagai marketplace, satu desa satu orang, bayangkan bagaimana dahsyatnya. Dahsyatnya bukan ke bisnis, masyarakat akan mendapatkan efisiensi luar biasa. Orang beli kulkas, orang beli TV, gak perlu harus ke kota, tapi barangnya yang datang. Tinggal berhubungan dengan AgenBRILink,” kata Supari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement