Kamis 25 Apr 2024 10:37 WIB

Gelar World Water Forum, Ini Harapan Kementerian PUPR

WWF dapat membentuk kemitraan strategis untuk inisiatif konservasi air global.

Logo World Water Forum ke-10 2024 terpampang di Bundaran HI, Jakarta.
Foto: ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/foc.
Logo World Water Forum ke-10 2024 terpampang di Bundaran HI, Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyebutkan perhelatan World Water Forum atau WWF ke-10 di Bali pada 18-25 Mei 2024 dapat membentuk kemitraan strategis dan kolaboratif untuk inisiatif konservasi air global.

"World Water Forum ke-10 di Bali berperan memperkuat kerja sama internasional. Melalui forum ini, negara-negara dapat membentuk kemitraan strategis dan kolaboratif untuk mendukung inisiatif konservasi air global," ujar Staf Khusus (Stafsus) Menteri PUPR Bidang Sumber Daya Air Firdaus Ali di Jakarta, Kamis (25/4/2024).

Baca Juga

Firdaus juga mengatakan bahwa forum dapat berperan dalam membuka diskusi global. World Water Forum menyediakan platform bagi para pemangku kepentingan dari berbagai negara dan latar belakang untuk berbagi pengetahuan, pengalaman, dan praktik terbaik dalam konservasi dan pengelolaan sumber daya air.

Kemudian, mendorong Inovasi, yang mana Bali sebagai tuan rumah dapat menginspirasi inovasi dalam teknologi pengelolaan air yang berkelanjutan, dan mempromosikan implementasinya di seluruh dunia.

Seperti, melalui sistem subak yang sudah diakui oleh UNESCO sebagai salah satu kekayaan warisan dunia dalam sistem irigasi berbasis komunitas.

"World Water Forum ke-10 di Bali juga untuk merumuskan kebijakan. Forum ini memberikan kesempatan untuk merumuskan atau memperbaharui kebijakan yang mendukung konservasi air dan pengelolaan sumber daya air yang efisien dan efektif," kata Firdaus Ali.

Selain itu, meningkatkan kesadaran yang mana World Water Forum ini harusnya bisa berperan meningkatkan kesadaran publik tentang pentingnya konservasi air, dan tantangan yang dihadapi dalam pengelolaan sumber daya air yang berkelanjutan.

WWF ke-10 di Bali pada 18-25 Mei nanti berfokus membahas empat hal, yakni konservasi air (water conservation), air bersih dan sanitasi (clean water and sanitation), ketahanan pangan dan energi (food and energy security), serta mitigasi bencana alam (mitigation of natural disasters).

Sebanyak 244 sesi dalam forum tersebut diharapkan dapat memberikan hasil konkret mengenai pengarusutamaan pengelolaan air terpadu untuk pulau-pulau kecil atau Integrated Water Resources Management (IWRM) on Small Islands, pembentukan pusat keunggulan atau praktik terbaik untuk ketahanan air dan iklim atau Centre of Excellence on Water and Climate Resilience (COE), serta penetapan Hari Danau Sedunia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement