Selasa 23 Apr 2024 14:46 WIB

DCI Indonesia Cetak Laba Bersih Rp 514 Miliar pada 2023

Sejak beroperasi pada 2013, DCI pertahankan tingkat ketersediaan layanan 100 persen

PT DCI Indonesia Tbk
Foto: https://dci-indonesia.com/about
PT DCI Indonesia Tbk

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT DCI Indonesia Tbk, penyedia layanan infrastruktur pusat data (colocation), berhasil mencatatkan pendapatan tahunan sebesar Rp 1,3 triliun pada 2023. Raihan ini menunjukkan pertumbuhan sebesar 25,1 persen (yoy).

EBITDA perseroan juga tumbuh 24,3 persen mencapai Rp 874 miliar dengan perolehan 66,9 persen margin, serta berhasil membukukan laba bersih sebesar Rp 514 miliar dengan pertumbuhan 40 persen (yoy) dan margin laba bersih tercatat sebesar 39 persen, yang menandakan efisiensi operasional yang tinggi dan pengelolaan biaya yang efektif.

"DCI terus berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan pusat data dengan standar layanan kelas dunia. Kinerja ini mencerminkan keberhasilan strategi yang telah kami terapkan dalam upaya efisiensi operasional yang berkelanjutan," ucap Direktur Keuangan dan Corporate Affairs DCI Indonesia Evelyn melalui siaran pers, Selasa (23/4/2024).

Dalam RUPS, DCI memaparkan serangkaian pencapaian sepanjang 2023 dan menggarisbawahi komitmen perusahaan dalam inovasi serta ekspansi yang berkelanjutan sebagai pemimpin pasar pusat data di Indonesia. berbagai prestasi yang diraih menjadi bukti optimalisasi terhadap berbagai strategi dan inovasi yang menjadi kunci keberhasilan DCI dalam mempertahankan pertumbuhan bisnis yang baik.

Dari sisi ekspansi dan skala operasionalnya, DCI telah memperluas infrastrukturnya dengan menyelesaikan pembangunan pusat data DCI H2-02 Karawang, green data center pertama di Indonesia dengan kapasitas 12 megawatt (MW) yang sebagian menggunakan energi surya, serta membangun dan meresmikan DCI E1, pusat data Tier IV pertama di pusat kota Jakarta dengan kapasitas 19 MW. Sehingga perseroan kini mengoperasikan tujuh gedung pusat data dengan total kapasitas layanan 83 MW.

Sejak beroperasi pada 2013, DCI telah mempertahankan tingkat ketersediaan layanan 100 persen, menegaskan komitmennya dalam menyediakan layanan kelas dunia yang didukung oleh implementasi Automation dan Artificial Intelligence.

Hal ini menghasilkan pencapaian sertifikasi baru pada 2023, di samping perolehan Sertifikasi Tier IV Gold TCOS yang diberikan oleh Uptime Institute, perseroan berhasil meraih Sertifikasi B-Corp dari B Lab Global dan Sertifikasi Sustainability Rating dari Ecovadis dengan predikat Silver.

"Kami tidak akan berpuas diri dengan berbagai penghargaan dan pencapaian yang telah kami raih 2023. Kedepannya, DCI berkomitmen terus berinovasi dalam menyediakan solusi infrastruktur IT yang lebih efisien dan berkelanjutan, dengan tujuan utama untuk memberikan nilai tambah yang lebih besar bagi pelanggan kami dan berkontribusi terhadap percepatan digitalisasi di Indonesia," tutur Evelyn.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement