Senin 22 Apr 2024 22:57 WIB

Penuhi Kebutuhan Penginapan, Hotel 'Kontainer' akan Hadir di IKN

Qubika menargetkan selesai mengerjakan proyek di IKN saat bulan Agustus

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Hotel Qubika di IKN akan memiliki 206 kamar dengan tujuh area meeting room dengan kapasitas 50 orang setiap ruangan. Selain itu, Qubika IKN juga memiliki area ballroom yang mampu menampung 500 hingga 600 orang
Foto: Ronggo Astungkoro/Republika
Hotel Qubika di IKN akan memiliki 206 kamar dengan tujuh area meeting room dengan kapasitas 50 orang setiap ruangan. Selain itu, Qubika IKN juga memiliki area ballroom yang mampu menampung 500 hingga 600 orang

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pindahnya Ibu Kota negara disertai dengan berpindahnya aparatur sipil negara (ASN) dan keluarga ke Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Untuk memenuhi kebutuhan akomodasi penginapan, akan dibangun hotel bintang tiga pertama di IKN yang rencananya akan mulai beroperasi sebelum 17 Agustus 2024.

"Target kita selesai pembangunan dan bisa opening di bulan Agustus supaya kita bisa support kegiatan pemerintah dalam hal penyediaan hunian di 17 Agustus untuk upacara di sana," ujar Co-Founder Qubika Ferry Angkawidjaya lewat keterangannya, Senin (22/4/2024).

Dia menyampaikan, hotel Qubika yang dioperasikan oleh PT Indonesia Kubika Nasional (PT IKN) siap memenuhi kebutuhan akomodasi penginapan di IKN. Qubika Hotel IKN merupakan hotel kedua dari Qubika. Hotel Qubika pertama kali hadir di Gading Serpong Tangerang dan sudah beroperasi sejak 2020.

Ferry menuturkan, pihaknya mampu menyediakan hotel dalam waktu yang singkat kurang dari lima bulan. Hal tersebut dimungkinkan karena Qubika menggunakan konsep bangunan dengan bahan utama kontainer yang ditumpuk ke atas.

Hotel Qubika di IKN akan memiliki 206 kamar dengan tujuh area meeting room dengan kapasitas 50 orang setiap ruangan. Selain itu, Qubika IKN juga memiliki area ballroom yang mampu menampung 500 hingga 600 orang.

“Jadi kita harapkan dengan fasilitas yang kita punya bisa bantu support kebutuhan kebutuhan IKN di sana,” ujar Ferry

Dengan total nilai investasi sebesar Rp 150 miliar, Qubika berdiri di kawasan inti pusat pemerintahan yang tidak jauh dari kawasan Istana Negara. Qubika Hotel, melalui PT IKN melakukan kerja sama dengan PT BSH dalam hal penggunaan lahan di BSH Community Hub.

"Qubika akan mampu memenuhi kebutuhan akomodasi hunian para aparatur negara yang akan pindah ke IKN. Lokasi Qubika ke area pemerintahan bisa ditempuh melalui berjalan kaki,” ungkap dia.

Ferry menuturkan, dengan berinvestasi di IKN pihaknya berkomitmen memenuhi kebutuhan hunian yang tinggi di IKN sehingga mampu membantu percepatan pertumbuhan ekonomi di IKN. Qubika juga menerapkan konsep go green dan eco friendly yang selaras dengan konsep bangunan-bangunan pemerintahan di IKN.

“Kita melihat konsep ramah lingkungan yang di usung di IKN, cocok dengan konsep Go Green dan eco friendly terhadap bangunan kita yang di mana menggunakan Recycling Materials yaitu container bekas yang sudah tidak terpakai,” ujar Ferry.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement