Sabtu 13 Apr 2024 21:40 WIB

Pengendara Diimbau Kurangi Kecepatan di Area Longsor Tol Bocimi

Pengemudi perlu memperlambat kendaraan karena ruas jalur tol menyempit.

Pekerja beraktivitas di dekat ruas Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) yang longsor di Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Jumat (5/4/2024).
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Pekerja beraktivitas di dekat ruas Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) yang longsor di Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Jumat (5/4/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Kepolisian Resor (Polres) Sukabumi meminta para pengemudi kendaraan untuk memperlambat kecepatan kendaraan ketika melintasi area yang mengalami longsor di KM 64 A ruas Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi), Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Kasatlantas Polres Sukabumi AKP Fiekri Adi Perdana mengatakan ruas Tol Bocimi dari KM 60 hingga KM 72 diterapkan arus satu arah secara bergantian, sehingga pengemudi perlu memperlambat kendaraan karena ruas jalur tol di area longsor menyempit hingga satu lajur.

Baca Juga

"Jalurnya memang normal, namun ada jalur yang menyempit dari dua jalur menjadi satu jalur," kata Fiekri di Gerbang Tol Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Sabtu (13/4/2024).

Adapun ruas jalan yang mengalami longsor di jalur A itu, kata dia, pihak pengelola tol telah melakukan penutupan, dan arus kendaraan dilakukan kanalisasi menjadi satu lajur ke jalur B dengan menggunakan pembatas jalan.

Selain itu, menurut dia, pihak kepolisian selalu mengawal kendaraan yang paling depan pada setiap pembukaan sistem satu arah, baik ke arah Jakarta maupun ke arah Sukabumi. Petugas tol pun melakukan imbauan menggunakan pengeras suara untuk memperlambat kendaraan ketika mendekati area longsor.

Di area longsor jalur A, pengelola tol juga telah menyiapkan alat berat untuk memperbaiki jalan yang longsor tersebut, khususnya lokasi longsor di ruas Tol Bocimi itu terjadi pada Rabu (3/4) atau H-7 Lebaran 2024.

Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) setempat menyatakan kejadian itu menyebabkan dua orang mengalami luka ringan dievakuasi. Namun dipastikan tidak terdapat korban jiwa atas kejadian tersebut.

Sebelumnya, Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri Irjen Pol Aan Suhanan memastikan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) dalam waktu dekat sudah bisa digunakan para pemudik saat arus balik, Sabtu.

Tol ini dipastikan sudah bisa digunakan setelah sebelumnya mengalami perbaikan karena peristiwa longsor beberapa hari sebelum hari H lebaran. Dengan menggunakan jalur tol tersebut, para pemudik yang melakukan arus balik akan dengan mudah menuju ke beberapa daerah seperti Cigombong, Bogor, Jakarta, Cisaat, Sukabumi, dan Cianjur.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement