Jumat 12 Apr 2024 09:25 WIB

Samsung Hengkang dari Israel, BDS: Sektor Teknologinya Makin Alami Kemunduran

Pendanaan keamanan siber Israel 2023 capai titik terendah dalam 5 tahun terakhir.

logo samsung next
Foto: samsung
logo samsung next

REPUBLIKA.CO.ID, TEL AVIV -- Samsung Next yang merupakan cabang inovasi dari raksasa teknologi Korea, Samsung, menutup operasinya di Tel Aviv, Israel. Samsung Next berkantor pusat di California dan punya kantor di Korea dan Israel.

Cabang inovasi ini didirikan untuk membantu Samsung Electronics mengidentifikasi peluang pertumbuhan baru. Di Israel, sebagian besar aktivitasnya difokuskan pada dana investasi yang menempatkan startup dan pengembangan lokal yang bisa sukses secara finansial dan bermakna bagi Samsung. 

Baca Juga

Dilansir Calcalist Tech, beberapa waktu lalu, kabar ini muncul setelah sebuah email dikirim oleh anggota staf Samsung Next di Israel.

Wakil Presiden dan Direktur Pelaksana Samsung Next Eyal Miller, menulis "Hari ini, saya berbagi berita bahwa Samsung Next telah membuat perubahan organisasi yang diperlukan di kantor Tel Aviv untuk mengkonsolidasikan aktivitas. Israel tetap menjadi pasar yang menarik bagi Samsung Next, dan hubungan yang ada dengan mitra dan perusahaan portofolio tidak akan berubah.

"Keputusan ini, meskipun sulit, tidak mengurangi pencapaian yang telah kami capai bersama selama hampir satu dekade. Kami telah berinvestasi di 70 perusahaan , melakukan kolaborasi antara startup Israel dan Samsung, dan membina - berkat dukungan Anda yang tak tergoyahkan - komunitas pembangun, pendiri, dan investor di Tel Aviv dan luar negeri. Tim kami akan mengalihkan peran kami dari Next hingga musim gugur dalam upaya untuk menyelaraskan pekerjaan dan hubungan kami dengan tim AS dengan lancar dan memenuhi persyaratan operasional penting dari penutupan kantor.

“Bagi Anda dan tim Anda, saya ingin menekankan bahwa Samsung Next tetap menjadi investor yang mendukung, dan tim AS akan terus memberikan sumber daya dan saran. Meskipun kehadiran fisik kami di Israel akan berhenti, kami tetap berkomitmen untuk berinvestasi di wilayah tersebut dan mendorong rujukan dari para pembangun dan pendiri. Ini adalah hasil yang tidak dapat kami prediksi, dan prioritas utama kami saat ini adalah memastikan kesuksesan Anda di masa depan." katanya.

BDS Movement dalam keterangan resminya, Kamis (11/4/2024) menyampaikan, ini merupakan indikator kuat menurunnya kepercayaan terhadap perekonomian Israel secara drastis. Samsung Next selama ini telah berinvestasi di sekitar 70 perusahaan rintisan Israel. Sektor teknologi tinggi Israel bisa berkembang pesat karena investasi terus masuk dan menyumbang lebih dari 50 persen ekspor. 

"Namun kini, cukup banyak perusahaan teknologi AS dan Israel yang telah menarik diri. Pada tahun 2023, investasi di perusahaan teknologi Israel anjlok sebesar 56 persen dibandingkan tahun 2022," katanya.

Penarikan diri perusahaan dari Israel mencerminkan semakin besarnya pengakuan di antara perusahaan-perusahaan global terhadap dua risiko utama berinvestasi di Israel. Putusan International Court of Justice (ICJ) menyatakan bahwa Israel melakukan genosida terhadap 2,3 juta warga Palestina di Gaza secara masuk akal menimbulkan risiko tanggung jawab hukum yang serius atas keterlibatan mereka.

Selain itu, perekonomian Israel jelas-jelas mengalami penurunan, seperti yang akhirnya diakui oleh Moody's, karena masalah struktural neoliberal, reformasi peradilan yang dimulai oleh pemerintah sayap kanan, dan semakin besarnya dampak BDS.

Pada bulan Juli 2023, pemimpin oposisi Israel Yair Lapid menulis: “Israel bukan lagi Negara Pemula. Ini adalah negara yang sedang mengalami krisis. Ini adalah krisis politik, sosial dan internasional, namun dampaknya akan berdampak pada ekonomi. Beberapa kerusakan (ekonomi) yang terjadi baru-baru ini memerlukan waktu bertahun-tahun untuk diperbaiki.” 

Dampak boikot, divestasi, dan sanksi sejauh ini telah meningkat secara drastis. Banyak perusahaan di sektor teknologi tinggi Israel, khususnya di bidang keamanan siber, “ditanggung oleh militer.”.

Pendanaan untuk sektor keamanan siber Israel pada tahun 2023 mencapai titik terendah dalam 5 tahun terakhir, kemungkinan karena hilangnya kepercayaan terhadap kekuatan keamanan Israel yang dahulu membuat iri. 

"Berinvestasi dalam rezim apartheid kolonial pemukim Israel yang telah berusia 76 tahun selalu tidak etis dan bisa dibilang ilegal. Sekarang ini juga tidak bertanggung jawab secara finansial," tutupnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement