Selasa 09 Apr 2024 13:42 WIB

Mudik Lebaran, Bandara Kertajati Layani 1.900 Orang per Hari

Rata-rata penumpang pada hari biasa berkisar seribu hingga 1.300 orang per hari.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Lida Puspaningtyas
Suasana Bandara Kertajati, Ahad (29/10/2023). Ilustrasi.
Foto: Rahayu Subekti/Republika
Suasana Bandara Kertajati, Ahad (29/10/2023). Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat pada tahun ini beroperasi penuh melayani angkutan Lebaran Idul Fitri 2024. Pada masa mudik tahun ini, selama aperiode 3-7 April 2024, jumlah penumpang tertinggi atau puncak arus mudik 6 April sebanyak 2.386 orang.

“Pada 3 - 7 April, jumlah penumpang mencapai 9.692 orang atau rata-rata 1.900 orang per hari. Ini jumlah yang cukup tinggi, karena rata-rata penumpang pada hari biasa berkisar seribu hingga 1.300 orang per hari,” kata Executive General Manager Bandara Kertajati Nuril Huda dalam pernyataan tertulisnya, Selasa (9/4/2024). 

Baca Juga

Nuril menjelaskan, antusias masyarakat Jawa Barat sangat tinggi untuk melakukan perjalanan udara di Bandara Kertajati pada angkutan lebaran 2024. Tahun ini, lauut dia, merupakan perdana bagi Bandara Kertajati dalam melayani angkutan lebaran sejak beroperasi penuh pada Oktober 2023. 

“Kami telah mempersiapkan infrastruktur, fasilitas serta personel agar angkutan lebaran dapat berjalan lancar di Bandara Kertajati dengan memperhatikan aspek keselamatan, keamanan, dan pelayanan,” jelas Nuril. 

Nuril menuturkan peningkatan penumpang pesawat dapat dikelola dengan baik berkat kolaborasi di antara stakeholder. Menurutnya, layanan berjalan baik kepada penumpang pesawat karena peran maskapai, ground handling, AirNav Indonesia, serta dukungan dari Pemprov Jawa Barat, Kementerian Perhubungan dan Kementerian BUMN sehingga Bandara Kertajati dapat memberikan pelayanan yang baik bagi masyarakat dalam arus mudik ini. 

Penumpang pesawat pada periode angkutan lebaran di Bandara Kertajati mayoritas dari tiga maskapai yakni Citilink, AirAsia dan Super Air Jet. Sementara untuk rute favorit adalah tujuan Denpasar, Kualanamu dan Balikpapan.

“Sejumlah penerbangan tambahan juga sudah dioperasikan di penerbangan domestik dan internasional untuk mengakomodir permintaan, yakni di rute tujuan Kualanamu dan Singapura,” tutur Nuril. 

Sebelumnya, pemerintah melakukan penataan penerbangan di Jawa Barat. Penerbangan pesawat jet dialihkan dari Bandara Husein Sastranegara (Bandung) ke Bandara Kertajati (Majalengka) mulai 29 Oktober 2023. Sejak saat itu Bandara Kertajati secara resmi beroperasi penuh melayani penerbangan domestik dan internasional yang dioperasikan dengan pesawat jet. 

VP of Corporate Communication PT Angkasa Pura II Cin Asmoro mengatakan sejalan dengan penataan penerbangan tersebut maka tahun ini menjadi pertama kali bagi Bandara Kertajati dalam melayani angkutan lebaran.

“Bandara Kertajati secara perdana melayani angkutan lebaran tahun ini, setelah beroperasi penuh pada 2023. Kami berharap masyarakat Jawa Barat dapat merasakan layanan angkutan lebaran yang lebih baik di Bandara Kertajati,” kata Cin Asmoro.

Dari sisi infrastruktur, Bandara Kertajati memiliki terminal penumpang yang cukup luas yakni mencapai 96 ribu meter persegi yang dapat melayani sebanyak 5,6 juta penumpang per tahun. Dimensi landasan pacu berukuran tiga ribu meter yang dapat didarati pesawat berbadan lebar. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement