Selasa 09 Apr 2024 13:18 WIB

PLN Sediakan 65 Unit SPKLU di Jatim untuk Layani Pemudik

PLN Mobile pada versi ter-update juga dilengkapi fitur Trip Planner.

Seorang petugas membantu pengisian ulang mobil listrik milik konsumen di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) PLN UP3 Kota Malang, Jawa Timur, Rabu (3/1/2024).
Foto: ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto
Seorang petugas membantu pengisian ulang mobil listrik milik konsumen di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) PLN UP3 Kota Malang, Jawa Timur, Rabu (3/1/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- PT PLN (Persero) menyediakan 65 unit stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) di 23 lokasi rest area tol trans Jawa Timur mulai Ngawi hingga Banyuwangi untuk melayani kebutuhan pemudik yang menggunakan kendaraan listrik.

General Manajer PT PLN (Persero) UID Jawa Timur, Agus Kuswardoyo, dalam keterangan di Surabaya, Selasa, menyampaikan pihaknya telah menyelesaikan pembangunan SPKLU sejak (31/3) lalu di setiap rest area untuk menyambut pemudik dengan kendaraan listrik.

Baca Juga

"Pada mudik tahun-tahun sebelumnya, SPKLU hanya tersedia di dua lokasi, yaitu rest area 626 A dan 626 B. Sekarang sebanyak 23 rest area telah tersedia SPKLU yang siap melayani kebutuhan pemudik, ini adalah bukti bahwa PLN sangat siap mendukung peralihan pemudik dari kendaraan berbasis energi fosil ke energi listrik," kata Agus.

Untuk melakukan pengisian ulang daya listriknya, pemudik dengan kendaraan listrik dapat memanfaatkan aplikasi PLN Mobile. Agus mengimbau masyarakat untuk selalu melakukan update aplikasinya, sehingga pelayanan terkini dari PLN dapat langsung dinikmati.

"’Seperti fitur Electric Vehicle ter-update, kini lebih mudah. Barcode charging EV menjadi semakin praktis, hanya dua step. Selain itu, ketika gambar pop up siaga Lebaran di klik, pengguna bisa langsung melaporkan gangguan listrik atau bertanya tentang home charging atau SPKLU," kata Agus.

Guna mempermudah pengguna kendaraan listrik, khususnya mobil listrik, kata Agus, aplikasi PLN Mobile pada versi ter-update juga dilengkapi fitur Trip Planner.

Fitur ini memudahkan pemilik kendaraan listrik untuk mengetahui lokasi terdekat SPKLU atau untuk merencanakan perjalanan yang akan dilalui sejalan dengan lokasi SPKLU.

Salah satu pemudik yang menggunakan kendaraan listrik, Reynaldo di rest area KM 725 Tol Mojokerto-Surabaya menuturkan pengalaman pertamanya menggunakan electric vehicle untuk mudik dari Jakarta menuju Bangkalan.

"Infrastruktur sejauh ini sudah semakin lengkap. Bagi pengendara yang membawa EV tidak perlu khawatir, yang penting kita tahu charging station ada di mana saja, apalagi hampir di seluruh rest area sudah ada charging station-nya," kata Reynaldo.

Selain itu, Rizki yang melakukan perjalanan Sidoarjo – Ponorogo di sela charging kendaraan listriknya di rest area KM 626 B juga memuji aplikasi PLN Mobile yang fiturnya semakin memudahkan pengguna kendaraan listrik.

"Dengan menggunakan fitur trip di PLN Mobile, kita akan dikasih tau SPKLU ada di mana saja, jadi memudahkan banget," ujar Rizki.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement