Jumat 05 Apr 2024 20:22 WIB

Bandara Dhoho Resmi Beroperasi, Citilink Buka Rute Penerbangan

Citilink mengoperasikan dua penerbangan dalam sepekan dari Bandara Dhoho Kediri.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Fuji Pratiwi
Suasana Bandara Internasional Dhoho yang akan segera beroperasi di Kediri, Jawa Timur, Jumat (1/12/2023).
Foto: ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani
Suasana Bandara Internasional Dhoho yang akan segera beroperasi di Kediri, Jawa Timur, Jumat (1/12/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Angkasa Pura (AP) I memastikan saat ini Bandara Doho Kediri remis beroperasi.

Hal tersebut ditandai dengan operasional Citilink Indonesia yang membuka penerbangan pertama atau inaugural flight pesawat dengan nomor penerbangan QG752 asal Bandara Soekarno-Hatta yang mendarat di Bandara Dhoho Kediri pada Jumat (5/4/2024) pada pukul 09.40 WIB dengan mengangkut 175 penumpang.

Baca Juga

Hari ini menjadi momen bersejarah bagi Bandara Dhoho Kediri yang untuk pertama kalinya melayani penerbangan komersial berjadwal oleh Citilink Indonesia. "Kami juga menyampaikan apresiasi kepada Bupati Kediri, PT SDHI, dan tentunya Citilink Indonesia atas sinergi dan kerjasama yang telah  terjalin dengan baik hingga hari ini," kata Direktur Utama PT Angkasa Pura Indonesia (InJourney Airports) Faik Fahmi dalam pernyataan tertulisnya, Jumat (5/4/2024).

Citilink akan mengoperasikan dua penerbangan dalam sepekan yakni setiap Selasa dan Sabtu. Bandara Dhoho Kediri dioperasikan oleh AP I sejak 29 Maret 2023 berdasarkan Kerja Sama Operasi (KSO) antara AP1 dengan PT Surya Dhoho Investama (PT SDHI).

Faik optimistis dengan beroperasinya penerbangan tersebut akan diikuti oleh maskapai penerbangan lainnya. Dengan begitu dapat memberikan multiplier effect terhadap pengembangan perekonomian dan pariwisata di Kediri khususnya dan Jawa Timur pada umumnya.

"Sebagai operator bandara, AP I memastikan kesiapan SDM, standar keamanan dan keselamatan penerbangan, serta fasilitas pendukung kegiatan operasi pesawat udara untuk dapat memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh pengguna jasa bandara," jelas Faik.

Bandara Dhoho Kediri merupakan bandara modern yang dilengkapi dengan infrastruktur penunjang seperti runway dengan dimensi 3.300 meter yang mampu melayani pesawat berbadan besar Boeing 777-300ER. Selain itu juga memiliki terminal penumpang seluas 28 ribu meter persegi berkapasitas 1,5 juta penumpang per tahun.

Bandara tersebut juga memiliki apron komersial dengan kapasitas 12 pesawat narrow body dan tiga wide body. Selain itu juga apron VIP dengan kapasitas empat small aircraft atau satu narrow body

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement