Jumat 05 Apr 2024 18:04 WIB

Airlangga Pastikan Golkar Usung Airin di Pilkada Banten

Airin Rachmi Diany akan diusung maju sebagai cagub Banten 2024.

Rep: Dessy Suciati Saputri/Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Eks wali kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany (kiri).
Foto: Antara/Hafidz Mubarak A
Eks wali kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany (kiri).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto mengatakan, partai beringin dipastikan mengusung Airin Rachmi Diany untuk maju di Pilkada Banten pada November 2024. Apalagi, eks wali kota Tangerang Selatan tersebut meraih suara terbanyak sebagai caleg DPR RI. "Ibu Airin," kata Airlangga di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Jumat (5/4/2024).

Sebelumnya, Sekretaris DPD Partai Golkar Provinsi Banten Bahrul Ulum mengatakan partainya menyiapkan Airin Rachmi Diany untuk menjadi bakal calon gubernur Banten. "Sesuai dengan penugasan pimpinan pusat Partai Golkar, Ibu Airin harus kembali fokus menghadapi Pilkada Banten. Dan tentu kami akan berkoalisi, termasuk mencari bakal calon wakil gubernur," kata Bahrul.

Baca: Prabowo Tinjau SMP di Beijing yang Sediakan Makan Siang Gratis

Menurut Ulum, pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024, Partai Golkar adalah pemenang dengan perolehan 14 kursi dengan raihan 932.670 suara. Alhasil, Golkar berhak menempati kursi ketua DPRD Provinsi Banten.

 

Ulum menyebut, Airin telah diberi tugas sebelum pilkada, yakni meningkatkan perolehan kursi Partai Golkar di semua tingkatan pada pemilu legislatif di Provinsi Banten. "Beliau sukses, mampu menambah perolehan suara, dari satu kursi DPR RI menjadi dua kursi di Banten III," ujar Ulum.

Baca: SBY dan Prabowo, Penghuni Paviliun 5A Akmil yang Jadi Presiden

Bukan hanya itu, secara suara, Airin mengumpulkan 302.878 suara. "Beliau adalah salah satu magnet kemenangan Partai Golkar di Banten. Kami menang tingkat DPR RI, provinsi, dan tujuh dari delapan kabupaten/kota se-Banten. Artinya, mesin Partai Golkar telah bersatu di pileg, dan akan kembali digerakkan untuk pilkada serentak," kata Ulum.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement