Selasa 02 Apr 2024 09:02 WIB

Telkomsel Antisipasi Kenaikan Trafik di Bali dan Nusra

Telkomsel siap untuk menunjang kebutuhan komunikasi dan layanan data masyarakat.

Telkomsel melakukan optimalisasi kualitas dan peningkatan kapasitas di 37 Point of Interest (POI) di berbagai lokasi strategis di area Bali dan Nusa Tenggara, (ilustrasi)
Foto: telkomsel
Telkomsel melakukan optimalisasi kualitas dan peningkatan kapasitas di 37 Point of Interest (POI) di berbagai lokasi strategis di area Bali dan Nusa Tenggara, (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- Telkomsel melakukan optimalisasi kualitas dan peningkatan kapasitas di 37 Point of Interest (POI) di berbagai lokasi strategis di area Bali dan Nusa Tenggara untuk mengantisipasi kenaikan trafik layanan data selama Ramadhan dan Idul Fitri 2024. 

"Kita secara keseluruhan terdapat 37 POI yakni 28 spesial area dan 9 pusat transportasi umum baik di pelabuhan, bandara, tempat wisata hingga pusat-pusat perbelanjaan," kata General Manager Region Network Operations and Productivity Bali Nusra Hersetyo Pramono saat konferensi pers di Denpasar, Bali, Senin (1/4/2024).

Baca Juga

Pramono mengatakan Telkomsel sudah siap untuk menunjang kebutuhan komunikasi dan layanan data yang dibutuhkan masyarakat di Bali dan Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur pada momentum Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini terutama pada delapan rute mudik yang diprediksi bakal ramai.

Dia menjelaskan kenaikan trafik layanan data atau broadband tumbuh 6,75 persen dibandingkan periode hari biasa di daerah Bali dan Nusa Tenggara dengan payload tertinggi sebanyak 3,2 PB (Peta Byte) pada puncak Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini.

Kenaikan trafik itu, kata Pramono, didominasi oleh sosial media Facebook, Instagram dan X (Twitter) sebesar 0,56 persen, video streaming naik 7,34 persen ada TikTok, YouTube dan Snack Video, kemudian permainan daring naik 23,4 persen, komunikasi 8,36 persen. Sementara untuk e-commerce yang terdiri dari Shopee , Lazada dan Tokopedia menurun 0,40 persen.

Prediksi kenaikan trafik tersebut juga diantisipasi dengan meningkatkan kapasitas Base Transceiver Station (BTS) sebanyak 21 unit BTS, 33 4G/LTE, serta mengoperasikan tiga unit tambahan Compact Mobile BTS (COMBAT) di Pelabuhan Gilimanuk, Taman Mangga Sumbawa NTB dan Pelabuhan Reo, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur.

Infrastruktur tersebut untuk menunjang sebanyak 21.400-an BTS yang ada di Bali dan Nusa Tenggara pada umumnya yang sudah beroperasi selama ini. Untuk beberapa daerah yang mengalami peningkatan trafik, Telkomsel akan secara otomatis melakukan penambahan jaringan oleh petugas yang selalu memantau perkembangan trafik layanan.

Adapun personel Telkomsel akan disiagakan di Posko siaga 13 hari sejak 5 April hingga 17 April 2024 dengan jumlah personel 401 personel yang terdiri atas 60 personel Telkomsel dan 341 mitra kerja. Operator seluler Telkomsel, yang merupakan bagian dari Badan Usaha Milik Negara Grup Telkom juga menyediakan jaringan 4G di beberapa kapal mudik yang dioperasikan oleh Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni).

Sementara itu, General Manager Consumer Business Region Bali Nusra Mulyadi Indra mengatakan untuk menunjang kebutuhan komunikasi masyarakat pada momen Ramadhan dan Idul Fitri 2024, Telkomsel menyiapkan produk terbaru yakni Telkomsel Lite menjadi sebuah solusi inovatif yang mengedepankan keterjangkauan dan kesederhanaan komposisi paket internet bagi mereka yang selalu dapat menemukan kebahagiaan dari hal-hal yang sederhana.

"Kita memberikan kesempatan kepada pelanggan untuk langsung on the spot penukaran poin yang mereka miliki dengan berbagai merchandise di 37 titik," katanya. 

Selain itu, Telkomsel juga memulai pengoperasian Veronika sebagai layanan chat service yang boleh dikatakan layanan kecerdasan buatan milik Telkomsel melalui pesan suara. Hal itu, untuk mempermudah interaksi antara pengguna layanan dengan layanan Telkomsel itu sendiri.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement