Rabu 20 Mar 2024 14:45 WIB

Indodax Nilai Bitcoin Alternatif Safe Haven Asset

Bitcoin telah terbukti sebagai aset yang tahan terhadap tekanan ekonomi.

Bitcoin
Foto: CFR
Bitcoin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Co-Founder sekaligus CTO Indodax William Sutanto memandang Bitcoin dapat menjadi pilihan alternatif bagi investor. Terutama investor yang mencari diversifikasi portofolio dan perlindungan terhadap nilai aset mereka di tengah kondisi gejolak ekonomi.

"Jika kita melihat masa lalu, pada saat terjadi resesi tidak terdapat alternatif yang memadai. Namun, saat ini kita memiliki Bitcoin sebagai opsi alternatif dan safe haven asset," kata William dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (20/3/2024).

Baca Juga

Menurutnya, Bitcoin sering dianggap sebagai emas digital. karena memiliki karakteristik yang unik. Dia mengatakan, Bitcoin memiliki keterbatasan pasokan yang telah ditentukan sebelumnya, sehingga tidak terpengaruh oleh kebijakan moneter pemerintah yang cenderung menyebabkan inflasi. Hal ini membuat Bitcoin menjadi alat investasi yang menarik, terutama dalam menghadapi resesi ekonomi.

Mengingat Bitcoin memiliki sifat yang terdesentralisasi, William mengatakan, aset kripto ini dapat memberikan kebebasan dan kontrol penuh kepada pengguna atas kekayaan mereka. Tak hanya itu, Bitcoin juga dapat menjadi pelindung nilai terhadap inflasi dan devaluasi mata uang fiat.

Dalam beberapa tahun terakhir, kata William, Bitcoin telah terbukti sebagai aset yang tahan terhadap tekanan ekonomi global bahkan di tengah kondisi pasar yang sulit. Sebagai aset digital yang dapat diperdagangkan 24 jam di seluruh dunia, Bitcoin juga memberikan fleksibilitas dan aksesibilitas yang tinggi bagi investor di berbagai negara.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement