Senin 18 Mar 2024 15:45 WIB

Mentan: Refocusing Anggaran demi Pangan dan Petani Indonesia

Kementan siapkan Rp 7,74 triliun dari pagu APBN 2024 untuk padi dan jagung.

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman saat hadir di acara Gerakan Percepatan Tanam Padi di Desa Kayu Loe Timur, Kecamatan Turatea, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan.
Foto: Dok Kementan
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman saat hadir di acara Gerakan Percepatan Tanam Padi di Desa Kayu Loe Timur, Kecamatan Turatea, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Pertanian akan melakukan perombakan anggaran. Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman mengatakan langkah tersebut sebagai refocusing untuk lebih memprioritaskan sektor pangan dan mendukung kesejahteraan petani di tengah tantangan ketersediaan pangan akibat dampak fenomena alam El Nino.

"Lebih baik aku puasa perjalanan dinas, perjalanan luar negeri dari pada petani menderita. Aku korbankan semua demi petani dan pertanaman Indonesia agar meningkat," ujar Mentan saat meninjau gerakan tanam di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Tengah, Senin (18/3/2024).

Baca Juga

Amran dalam keterangan resmi diterima di Jakarta, Senin mengaku siap refocusing anggaran seperti memotong biaya bimbingan teknis, pengadaan barang hingga mengurangi perjalanan dinas dan biaya acara seremoni lainnya.

Menurut Amran, hal tersebut penting dilakukan karena saat ini Indonesia dalam kondisi darurat pangan akibat dampak fenomena alam El Nino yang melanda hampir seluruh dunia.

El Nino tahun ini telah menurunkan produksi nasional karena sebagian sentra mengalami gagal panen. Dia khawatir jika masalah pangan tidak teratasi dengan baik maka ke depan akan berujung pada konflik sosial bahkan gangguan keamanan di seluruh negeri.

"Ingat Pak, kalau krisis pangan terjadi maka pemerintah bisa kacau balau, konflik sosial terjadi dan berujung pada gangguan keamanan. Makanya pidato Bung Karno dulu dikatakan bahwa pangan adalah mati hidupnya sebuah bangsa, ini saatnya kita menyatu dan gandengan tangan," katanya.

Mengenai hal ini, Mentan berharap komunikasi dan juga kolaborasi antar pihak terus dilakukan untuk memperkuat peran petani yang tengah berjuang melakukan produksi. Salah satunya pengawasan anggaran pompa dan benih untuk petani.

"Tolong jangan putus komunikasi Pak Dandim, kepala balai, Kajari, Kapolres, Dirjen, kadis dan lain lain. Ini kita lakukan supaya gerakan pompa ini berjalan masif di seluruh Indonesia. Kami ada anggaran Rp 2 triliun untuk maksimalkan pertanaman," ucap Amran.

Menurut Mentan, pompanisasi adalah solusi cepat yang harus dilakukan untuk memperkuat ketahanan pangan nasional. Sementara itu, dari peta yang ada saat ini, wilayah Jawa Timur memiliki ribuan hektare yang harus terairi dengan baik sehingga pertanamannya bisa ditingkatkan.

"Solusi cepat untuk menangani El Nino saat ini adalah melakukan pompanisasi pada sungai sungai yang tidak kering. Kalau kita bangun cetak sawah butuh waktu panjang, sedangkan saat ini kita butuh pangan. Jawa timur ada ribuan hektare yang bisa kita airi dan dekat dengan bengawan solo. Insya Allah kami siapkan pompa untuk ini," jelas Amran.

Sebelumnya, Kementerian Pertanian (Kementan) menyiapkan anggaran sebesar Rp 7,74 triliun dari pagu APBN 2024 guna meningkatkan hasil produksi tanaman padi dan jagung sehingga bisa mewujudkan swasembada pangan.

“Agar target 32 ton beras tercapai Kementerian Pertanian melakukan refocusing anggaran sebesar Rp 7,74 triliun untuk mendukung akselerasi peningkatan produksi padi dah jagung,” kata Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman secara virtual dalam rapat kerja bersama Komisi IV DPR RI di Gedung Parlemen Jakarta, Rabu (13/3).

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement