Kamis 14 Mar 2024 06:03 WIB

Harga Tiket Jelang Mudik Mahal, Sandiaga Dorong Penambahan Jumlah Pesawat

Jumlah layanan pesawat yang beroperasi jelang mudik lebaran masih kurang.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Gita Amanda
Calon penumpang berjalan menuju pintu keberangkatan pesawat di Terminal 3 Bandara Sekarno Hatta, (ilustrasi)
Foto: Republika/Prayogi
Calon penumpang berjalan menuju pintu keberangkatan pesawat di Terminal 3 Bandara Sekarno Hatta, (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno menyampaikan, jumlah layanan pesawat yang beroperasi menjelang mudik lebaran Idul Fitri 2024 masih kurang. Hal ini menjadi salah satu penyebab harga tiket pesawat semakin meningkat.

Karena itu, Sandiaga pun mendorong agar jumlah pesawat yang beroperasi terus ditambah, sehingga ketersediaan kursi akan semakin meningkat. Dengan demikian, harga tiketnya pun juga akan lebih terjangkau.

Baca Juga

"Kami tugasnya adalah memastikan agar jumlah pesawat bisa lebih banyak dioperasikan di Indonesia. Kita masih ada kekurangan antara 300-350 pesawat, maka kita harus segera datangkan. Dengan penambahan jumlah penerbangan akan meningkatkan ketersediaan kursi dan harga tiket akan makin bisa lebih terjangkau," jelas Sandiaga di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, dikutip pada Kamis (14/3/2024).

Masalah semakin tingginya harga tiket transportasi saat mudik inipun telah dilaporkannya kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Karena itu, pemerintah juga akan menyiapkan langkah antisipasi lainnya.

Meski demikian, Sandiaga mengimbau masyarakat yang akan mudik lebaran Idul Fitri 2024 agar segera memesan tiket transportasi sejak awal. "Jangan tunggu akhir-akhir karena akan makin meningkat harganya, pastikan juga semua perencanaan dilakukan di minggu pertama Ramadhan," ucap dia.

Selain itu, Sandiaga juga mengimbau masyarakat untuk bisa Work From Home (WFH) sehingga bisa melakukan mudik lebih awal. "Kita imbau lebih kepada pendekatan dari work from destination atau work from home di mana mereka merencanakan berangkat lebih awal sehingga masih bisa mendapatkan tiket yang terjangkau harganya," jelas Sandiaga.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement