Rabu 13 Mar 2024 21:51 WIB

OIKN Catat Lima Groundbreaking Rp 49,6 Triliun dari 32 Lembaga

Groundbreaking keenam di IKN pada Mei 2024 ditargetkan untuk proyek pendidikan.

Presiden RI Joko Widodo memberikan sambutan saat acara Groundbreaking Telkom Smart Office di Kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Jumat (1/3/2024).
Foto: Dok Republika
Presiden RI Joko Widodo memberikan sambutan saat acara Groundbreaking Telkom Smart Office di Kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Jumat (1/3/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) mencatat lima kali peletakan batu pertama (groundbreaking) yang dilakukan Presiden RI Joko Widodo mencapai nilai Rp 49,6 triliun dari 32 institusi atau lembaga.

"Sudah ada lima kali groundbreaking dengan nilai mendekati Rp 50 triliun, tepatnya Rp 49,6 triliun, sudah ada 32 kira-kira institusi yang sudah melaksanakan groundbreaking yang kelima," kata Kepala Otorita IKN Bambang Susantono saat memberikan keterangan pers di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (13/3/2024).

Baca Juga

Bambang menjelaskan bahwa pembangunan infrastruktur yang dilaksanakan pada lima groundbreaking tersebut harus berjalan dan diwujudkan sesegera mungkin.

Menurut dia, infrastruktur, gedung dan kantor lembaga, serta fasilitas publik yang terbangun akan membentuk ekosistem yang menyeluruh di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan IKN, serta menjadi model untuk pengembangan IKN selanjutnya.

"Itu tadi yang kita juga lihat bahwa investasi ini perlu segera mungkin kita realisasikan di lapangan sehingga ekosistem tadi terbentuk," kata Bambang.

Selain Istana Presiden, kantor kementerian/lembaga, fasilitas publik dan infrastruktur pendukung yang dibangun oleh Kementerian PUPR akan menjadikan IKN sebagai kota layak huni yang dicintai (liveable and loveable).

Sementara itu, groundbreaking keenam di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Mei tahun 2024 ditargetkan untuk proyek-proyek pendidikan.

"Targetnya pada Mei ada groundbreaking keenam. Presiden RI sudah lima kali melakukan groundbreaking di IKN untuk proyek-proyek investasi, dan groundbreaking yang keenam pada Mei targetnya adalah untuk proyek-proyek pendidikan," ujar Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Agung Wicaksono dalam kesempatan sebelumnya.

Agung mengatakan bahwa IKN direncanakan dibangun sebagai kota untuk bekerja, layak huni, tempat rekreasi dan menimba pendidikan.

Dengan demikian ekosistem di IKN menjadi komplit sebagai kota untuk bekerja, layak huni, tempat rekreasi dan menimba pendidikan.

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement