Selasa 12 Mar 2024 17:28 WIB

Tiga Bandara AP II Terpilih Jadi yang Terbaik di Asia Pasifik

ASQ memiliki pendekatan survei secara langsung kepada traveler di bandara.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Lida Puspaningtyas
Petugas berada di area keberangkatan Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (6/6/2021). Hari pertama penerapan larangan mudik Idul Fitri 1442 H untuk mengantisipasi resiko penyebaran COVID-19 pada tangggal 6 hingga 17 Mei 2021, Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang sepi.
Foto: Antara/Nova Wahyudi
Petugas berada di area keberangkatan Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (6/6/2021). Hari pertama penerapan larangan mudik Idul Fitri 1442 H untuk mengantisipasi resiko penyebaran COVID-19 pada tangggal 6 hingga 17 Mei 2021, Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang sepi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Airport Council International (ACI) yang merupakan organisasi yang menaungi sekitar 1.950 bandara di 185 negara menganugerahi berbagai penghargaan kepada tiga bandara PT Angkasa Pura (AP) II. Tiga bandara AP II yang meraih penghargaan ACI Airport Service Quality Awards 2023 adalah Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang), Bandara Supadio (Pontianak), dan Bandara Depati Amir (Pangkalpinang).

VP of Corporate Communication AP II Cin Asmoro mengatakan ketiga bandara AP II total meraih 10 penghargaan ACI ASQ Awards 2023.

Baca Juga

“Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, Bandara Supadio dan Bandara Depati Amir masing-masing meraih ACI ASQ Awards 2023 untuk kategori bandara terbaik di Asia Pasifik berdasarkan kapasitas dari masing-masing bandara. Kami sangat bangga atas pencapaian tiga bandara AP II yang meraih ACI ASQ Awards 2023 berdasarkan penilaian para penumpang pesawat,” kata Cin Asmoro dalam pernyataan tertulisnya, Selasa (12/3/2024).

Pengumuman peraih penghargaan itu dilakukan ACI pada 10 Maret 2024. ASQ memiliki pendekatan survei secara langsung kepada traveler di bandara, di mana survei tersebut menilai 30 indikator passenger experience.

Cin Asmoro menuturkan, pengembangan infrastruktur, pemanfaatan IT, serta peningkatan sumber daya manusia menjadi kunci bagi bandara-bandara AP II untuk memiliki standar pelayanan tinggi.

“Penghargaan ini merefleksikan semangat AP II dalam melayani penumpang pesawat. Apresiasi dari ACI ini juga berkat kolaborasi yang baik di antara stakeholder bandara serta dukungan dari seluruh masyarakat,” ujar Cin Asmoro.

Penghargaan ACI ASQ Awards 2023 yang diberikan bagi Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang) adalah ACI World Director General’s Roll of Excellence, Best Airport of 2 to 5 Million Passenger in Asia, Easiest Airport Journey in Asia-Pacific dan Most Enjoyable Airport in Asia-Pacific. EGM Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Iwan Winaya mengatakan sebelumnya sudah mendapatkan empat  penghargaan pada 20222 dan hanya mendapatkan 1 penghargaan yaitu Best Airport of 2 to 5 Million Passenger in Asia.

“Yang spesial buat kami di tahun ini  mendapatkan penghargaan ACI World Director General's Roll of Excellece yaitu penghargaan yang hanya diberikan kepada bandara yang telah meraih beragam ACI ASQ Award selama 5 tahun dalam periode 10 tahun program ini. Kami berharap seluruh penghargaan yang berhasil diraih Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II ini mampu membawa nama harum Indonesia dan menjadi kebanggaan seluruh masyarakat Palembang,” jelas Iwan.

Sementara itu, Bandara Supadio meraih ACI ASQ Awards 2023 untuk kategori Best Airport of 2 to 5 Million Passengers in Asia-Pacific dan Airport with the Most Dedicated Staff in Asia-Pacific. Begitu juga dengan Easiest Airport Journey in Asia-Pacific dan Cleanest Airprot in Asia-Pacific.

EGM Bandara Supadio M Iwan Sutisna menuturkan penghargaan sebagai bandara terbaik di Asia Pasifik ini menjadi penyemangat untuk terus memperkuat konektivitas penerbangan di Pontianak.

“Kami berterima kasih atas apresiasi yang diberikan penumpang pesawat sehingga Bandara Supadio berhasil meraih empat penghargaan, termasuk sebagai bandara terbaik di Asia Pasifik untuk kapasitas 2-5 juta penumpang,” tutur Iwan.

Bandara AP II lainnya yang meraih ACI ASQ Awards 2023 adalah Bandara Depati Amir (Pangkalpinang). Bandara Depati Amir berhasil mendapatkan penghargaan ACI ASQ Awards 2023 untuk kategori Best Airport under 2 Million Passengers in Asia-Pacific dan Cleanest Airport in Asia-Pacific.

“Penghargaan ini menjadi penyemangat bagi seluruh stakeholder Bandara Depati Amir untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada penumpang pesawat. Kami berterima kasih atas apresiasi dan dukungan dari seluruh masyarakat Bangka,” ujar EGM Bandara Depati Amir Mohamad Adiwiyatno.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement