Jumat 01 Mar 2024 19:11 WIB

Kementerian BUMN Resmikan Lima Proyek di IKN dalam Dua Hari

Peletakan batu pertama atau groundbreaking untuk tiga bank BUMN.

Presiden RI Joko Widodo, Menteri BUMN Erick Thohir dan Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi melakukan groundbreaking kantor berbasis digital bertajuk Mandiri Digital Services di Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (29/02).
Foto: Bank Mandiri
Presiden RI Joko Widodo, Menteri BUMN Erick Thohir dan Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi melakukan groundbreaking kantor berbasis digital bertajuk Mandiri Digital Services di Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (29/02).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melakukan meresmikan lima proyek dalam dua hari pada 29 Februari - 1 Maret 2024 di Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan korporasi negara tersebut membangun beberapa kantor perwakilan, kantor jaringan telekomunikasi di IKN serta meresmikan pabrik amonium nitrat PT Kaltim Amonium Nitrat (KAN) di Bontang, Kalimantan Timur.

Baca Juga

"Alhamdullilah pabrik amonium nitrat PT Kaltim Amonium Nitrat di Bontang telah diresmikan Bapak Presiden Joko Widodo," ujar Erick melalui keterangan di Jakarta, Jumat (1/3/2024).

Rangkaian kunjungan proyek selama dua ini, dimulai dengan peresmian PT KAN. Pabrik ini berkapasitas produksi amonium nitrat 75.000 ton per tahun, dan asam nitrat sebesar 60.000 ton per tahun.

 

Pabrik tersebut sangat dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan bahan peledak dan pupuk nasional serta memperkuat hilirisasi.

Selanjutnya, Erick Thohir dan Presiden Joko Widodo juga melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking untuk tiga bank BUMN yakni PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, dan PT Bank Negara Indonesia (Persero) atau BNI.

BRI membangun BRI International Microfinance Center di IKN yang dibangun di atas tanah seluas 13 ribu meter persegi. Nantinya gedung tersebut akan terdiri atas BRI Office Nusantara, BRI Microfinance Gallery dan BRI Community Hub.

Kemudian, Bank Mandiri melakukan groundbreaking Kantor Cabang Mandiri Digital Services. Kantor Mandiri Digital Services di IKN akan berlokasi di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Nusantara, dengan konsep bangunan hijau dan berbasis digital.

Erick mengatakan, Bank Mandiri sudah mulai pembangunan gedung digital services di IKN. Ini akan menjadi pelopor one stop financial solution. Gedung itu juga mengusung konsep ramah lingkungan.

"Selain Bank Mandiri mulai dibangun BRI International Microfinance Center. Ini komitmen BRI memperkokoh infrastruktur ekonomi dengan fokus pada UMKM dan ultra mikro," katanya.

Adapun BNI membangun gedung BNI di Mini Financial Center, IKN. Gedung dengan desain futuristik namun tetap ramah lingkungan ini, akan memfasilitasi layanan perbankan berbasis smart-digital.

Lebih lanjut, Kementerian BUMN juga membangun Telkom Smart Office (TSO) di IKN. Fasilitas ini akan menjadi pusat penyediaan infrastruktur dan layanan digital di IKN.

"Ini komitmen BUMN mendukung percepatan digitalisasi dan mewujudkan Nusantara menjadi ibu kota kelas dunia untuk semua," ucapnya.

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement