Jumat 16 Feb 2024 17:09 WIB

Pemilu Berjalan Damai, Rupiah Stabil Hari Ini

Rupiah hanya turun satu poin atau 0,01 persen menjadi Rp 15.624 per dolar AS.

Petugas menghitung uang dolar AS di tempat penukaran valuta asing.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Petugas menghitung uang dolar AS di tempat penukaran valuta asing.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nilai tukar (kurs) rupiah terhadap dolar AS jelang akhir pekan stabil didukung pelaksanaan pemilihan Presiden (pilpres) dan Wakil Presiden yang berlangsung aman pada 14 Februari 2024. Rupiah pada akhir perdagangan Jumat ditutup hanya turun satu poin atau 0,01 persen menjadi Rp 15.624 per dolar AS dari sebelumnya sebesar Rp 15.623 per dolar AS.

"Masih akan stabil dengan pasar menyambut baik pilpres yang terlaksana dengan aman," kata ekonom Mirae Asset Sekuritas Rully Arya Wisnubroto di Jakarta, Jumat (16/2/2024).

Baca Juga

Selain itu, Arya menuturkan sentimen positif dari dalam negeri juga didukung oleh rilis surplus neraca perdagangan Indonesia yang relatif tinggi. Dengan demikian, ketahanan eksternal akan sangat terjaga dengan Indonesia telah mencatatkan surplus neraca perdagangan selama 45 bulan berturut-turut.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), surplus neraca perdagangan Indonesia berlanjut pada Januari 2024 sebesar 2,02 miliar dolar AS, lebih rendah dibandingkan dengan surplus pada Desember 2023 sebesar 3,29 miliar dolar AS.

Sementara dari sisi global, pasar melihat adanya sentimen dari penundaan pemangkasan suku bunga kebijakan Amerika Serikat (AS) atau Fed Funds Rate yang tadinya diharapkan di bulan Maret 2024.

Sedangkan Kurs Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) Bank Indonesia pada Jumat merosot ke level Rp 15.654 per dolar AS dari sebelumnya Rp 15.606 per dolar AS.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement