Rabu 14 Feb 2024 18:42 WIB

Pemenang Lelang Tol Getaci akan Ditetapkan Tahun Ini

Kementerian PUPR terus mendorong terkait lelang proyek Tol Getaci.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (kanan).
Foto: ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (kanan).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menargetkan penetapan pemenang lelang Proyek Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap (Getaci) Segmen Gedebage-Ciamis pada tahun ini.

"Penetapan pemenang lelang ditargetkan tahun ini," ujar Basuki di Kemang Pratama, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (14/2/2024).

Baca Juga

Dia mengatakan, Kementerian PUPR terus mendorong terkait lelang proyek Tol Getaci yang merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN).

"Saya kemarin kebetulan rapat pimpinan (rapim) dan tanya satu per satu, mengenai Tol Getaci kita lagi kayak market sounding. Kita sedang mendorong," ujar Basuki.

Sebagai informasi, Kementerian PUPR mengungkapkan Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap (Getaci) dapat terkoneksi secara bertahap hingga Yogyakarta dalam rencana induk atau masterplan.

Kendati demikian, pembangunan jalan tol ini dilakukan secara bertahap dengan pembangunan Tol dari Yogyakarta ke New Yogyakarta Internasional Airport (NYIA) Kulonprogo dan pembangunan Tol Getaci dilakukan dari Gedebage sampai ke wilayah Ciamis terlebih dahulu.

Proyek Jalan Tol Gedebage-Ciamis merupakan bagian dari jaringan Jalan Tol Getaci yang membentang dari Gedebage sampai dengan Cilacap.

Proyek Tol Getaci sampai Ciamis ini berperan untuk menghubungkan Jaringan Jalan Tol Getaci dengan Jaringan Jalan Tol NYIA Kulonprogo-Yogyakarta-Solo.

Jalan tol Getaci adalah jalan tol yang termasuk ke dalam salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) di Provinsi Jawa Barat, sebagaimana tercantum dalam Peraturan Presiden Nomor 109 tahun 2020 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional.

Berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 87 Tahun 2021, Proyek Tol Getaci juga merupakan salah satu infrastruktur yang perlu dibangun untuk melakukan percepatan pembangunan kawasan Jawa Barat bagian Selatan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement