Kamis 08 Feb 2024 22:48 WIB

Petani Tebu Sulsel Siap Menangkan Prabowo-Gibran Satu Putaran

DPD APTRI Sulsel menitipkan sejumlah persoalan agar dapat diselesaikan oleh Prabowo.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Ahmad Fikri Noor
Ilustrasi petani tebu.
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Ilustrasi petani tebu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Para petani tebu di wilayah Kabupaten Bone dan Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan (Sulsel) melakukan deklarasi mendukung pasangan Prabowo-Gibran agar dapat memenangkan Pilpres 2024 dalam satu putaran. Deklarasi dilakukan di Kebun Tebu Belawae, Kecamatan Libireng, Kabupaten Bone, Sulsel, Kamis (8/2/2024).

Wakil Ketua DPD Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) Sulawesi Selatan, Sakirmin menjelaskan keputusan tersebut didasarkan pada aspirasi para petani tebu yang tergabung dalam APTRI yang menilai Prabowo Subianto sebagai tokoh politik bangsa yang memahami masalah pertanian, merakyat, mau mendengar keluh kesah petani.

Baca Juga

“Pak Prabowo itu kan pernah menjabat sebagai Ketua Umum HKTI. Saya yakin beliau tahu kesulitan petani,” ujar Sakirmin dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (8/2/2024).

Dalam acara deklarasi dukungan ke Paslon nomor urut 02 itu, DPD APTRI Sulawesi Selatan menitipkan sejumlah persoalan agar dapat diselesaikan oleh Prabowo-Gibran jika terpilih sebagai Presiden Indonesia. Sakirmin menyampaikan, kesulitan petani tebu meliputi masalah mendapatkan pupuk subsidi, kemudahan mendapatkan kredit bagi untuk budi daya tanam, kredit untuk menjaga harga pasca produksi, masalah pengairan, dan harga jual gula yang kerap tidak stabil.

 

"DPD APTRI Sulawesi berharap Prabowo-Gibran dapat mengembalikan kejayaan tebu atau gula Indonesia, sehingga kehidupan petani lebih makmur," ucap Sakirmin.

Sebelumnya, deklarasi petani tebu yang tergabung dalam APTRI juga digelar diberbagai kota di Pulau Jawa dan Sumatera. Mulai dari Banyuwangi, Lumajang, Gresik, Jember, Cirebon, dan Binjai. Ketua DPN APTRI Soemitro Samadikoen menambahkan bahwa Pengurus APTRI mengenal baik sosok Prabowo Subianto. 

“Pak Probowo mudah ditemui, kami punya hubungan dekat dengan beliau. Jadi wajar jika kami petani tebu rakyat menyalurkan aspirasinya ke Prabowo- Gibran,” ujar Soemitro.

Soemitro mengatakan, pabrik gula di Sulawesi Selatan memiliki peran penting untuk memenuhi kebutuhan gula, khususnya di Indonesia bagian timur. Soemitro menyampaikan, kebun tebu di wilayah Sulawesi Selatan sebagian besar terdapat di Kabupaten Takalar dan Kabupaten Bone. Di wilayah Bone terbagi dua sesuai lokasi pabrik yakni di Camming dan Arosoe.

Pabrik Gula (PG) Takalar merupakan salah satu unit usaha milik PT Perkebunan Nusantara XIV yang berlokasi di Desa Pa’rapunganta, Kecamatan Polongbangkeng Utara, Kabupaten Takalar. Pabrik Gula di Bone milik PT. Perkebunan Nusantara XIV, terletak di Desa Arasoe, Kecamatan Cina Kabupaten Bone, Provinsi Sulawesi Selatan. Selain menghasilkan gula kristal putih pabrik gula Bone juga menghasilkan produk tetes dan blotong.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement