Kamis 08 Feb 2024 15:04 WIB

BYD Yakin Mobil Listrik di Indonesia Berkembang Cepat

BYD berkomitmen membangun pabrik sesuai dengan yang direncanakan.

President Director PT BYD Motor Indonesia Eagle Zhao (kanan) memberikan plakat kepada Chairman Arista Group Hartono Sohor dalam peresmian delapan diler BYD yang dipusatkan di diler BYD Arista, Serpong, Tangerang, Kamis (8/2/2024).
Foto: REPUBLIKA/FIRKAH FANSURI
President Director PT BYD Motor Indonesia Eagle Zhao (kanan) memberikan plakat kepada Chairman Arista Group Hartono Sohor dalam peresmian delapan diler BYD yang dipusatkan di diler BYD Arista, Serpong, Tangerang, Kamis (8/2/2024).

REPUBLIKA.CO.ID,SERPONG—Produsen mobil listrik asal China, BYD optimistis perkembangan mobil listrik di Indonesia akan berjalan dengan cepat. President Director PT BYD Motor Indonesia Presiden Eagle Zhao mengatakan pemahaman masyarakat Indonesia terkait kendaraan elektrifikasi yang di dalamnya termasuk mobil listrik semakin baik.

Karena itu, Eagle Zhao sangat percaya perkembangan kendaraan listrik di Indonesia dalam beberapa waktu ke depan akan meningkat. “Seperti negara-negara tetangga Indonesia yang pasar mobil listrik semakin meningkat, saya percaya pasar mobil listrik di Indonesia berkembang dengan pesat,” katanya usai peresmian delapan diler BYD yang dipusatkan di BYD BSD Serpong, Tangerang Selatan, Kamis (8/2/2024).

Baca Juga

Zhao mengatakan perlu dukungan semua pihak agar perkembangan mobil listrik di Indonesia dapat berjalan seperti yang diharapkan. Menurutnya media massa menjadi salah satu pilar dalam menyampaikan informasi terkait dengan perkembangan mobil listrik sehingga dapat mendorong

Menurutnya BYD ingin setiap kehadirannya  di suatu negara bisa ikut memberi andil dalam perkembangan kendaraan listrik menjadi cepat dan dapat diterima dengan luas. “Ibarat  BYD Seal yang dalam jarak 100 meter hanya membutuhkan waktu 3,4 detik, begitu pula kami berharap perkembangan mobil listrik dapat dengan cepat berkembang di Indonesia,” ucap Zhao.

 

Presiden Direktur BYD Arista Ali Hanafiah mengakui langkah-langah yang dilakukan BYD memang sangat cepat. Sebagai mitra, karena saat ini Arista menjadi mitra diler utama BYD, Ali mengatakan semua proses yang dilakukan BYD dalam mengembangkan jaringan diler dan bengkel memang luar biasa. “Semuanya berjalan harus dengan cepat, dan Arista karena sudah berpengalaman di dunia otomotif sehingga dapat mengikuti filosopi yang dimiliki BYD dalam mengembangkan bisnisnya,” ujar Ali.

Sementara itu, terkait rencana investasi BYD membangun pabrik di Indonesia, Zhao mengatakan semuanya sejalan dengan rencana yang disampaikan kepada pemerintah. “Komitmen kami tetap dan tak berubah untuk segera membangun pabrik di Indonesia,” katanya lagi.

Terkait dengan jaringan diler, hari ini, Kamis (8/2/2024), PT BYD Motor Indonesia bermitra dengan PT Arista Elektrika Indonesia, melakukan Grand Opening delapan diler BYD secara serentak. 

Seremoni acara peresmian dilakukan di BYD BSD Tangerang, sementara seremoni untuk tujuh diler lainnya dilakukan secara online dan live streaming. Dengan peresmian delapan diler ini, BYD siap melayani aktivitas sales, service, dan spareparts (3S) dengan standar kenyamanan premium.

Delapan diler tersebut  berlokasi di BYD Arista BSD Tangerang, BYD Arista Tebet, BYD Arista Sunter, BYD Arista Kalimalang, BYD Arista Depok, BYD Arista Soekarno Hatta Bandung, BYD Arista Amir Hamzah Medan, dan BYD Arista Semarang.

Acara grand opening dilakukan dengan pemotongan rangkaian melati oleh Eagle Zhao selaku President Director PT BYD Motor Indonesia, Nathan Sun selaku Operation Director PT BYD Motor Indonesia, Hartono Sohor selaku Chairman Arista Group, dan Ali Hanafiah selaku Presiden Direktur BYD Arista.

“Peresmian kedelapan diler BYD Arista ini merupakan bukti keseriusan BYD dalam melayani konsumen EV dengan kualitas yang diterapkan oleh BYD secara global,” kata Zhao.

Menurut Zhao kualitas layanan menjadi kunci dan karenanya kami sepakat untuk bekerja sama dengan Arista yang sudah memiliki pengalaman yang mumpuni dan reputasi baik dalam industri otomotif Indonesia. “Secara keseluruhan, tampilan diler juga kami rancang agar dapat memberikan suasana yang nyaman,” ujar Zhao.

Diler BYD didesain dengan gaya modern, dilengkapi fasilitas untuk melayani konsultasi pembelian, area perbaikan dan bengkel, serta area pengisian ulang baterai EV. Lokasi dari tiap-tiap dealer juga sangat strategis dan mudah diakses, sehingga konsumen mudah menjangkaunya. Pada setiap area display, konsumen dapat melihat ketiga EV dari BYD dengan masing-masing warna yang dimiliki.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement