Rabu 07 Feb 2024 12:12 WIB

Cadangan Devisa Januari 2024 Turun, Ini Penyebabnya

Posisi cadangan devisa tersebut setara dengan pembiayaan 6,6 bulan impor.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Ahmad Fikri Noor
Petugas menghitung uang dolar AS.
Foto: Republika/Prayogi
Petugas menghitung uang dolar AS.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Bank Indonesia (BI) mencatat posisi cadangan devisa Indonesia pada akhir Januari 2024 tetap tinggi sebesar 145,1 miliar dolar AS. Meskipun begitu, angka tersebut menurun dibandingkan dengan posisi pada akhir Desember 2023 sebesar 146,4 miliar dolar AS. 

“Penurunan posisi cadangan devisa tersebut antara lain dipengaruhi jatuh tempo pembayaran utang luar negeri pemerintah,” kata Asisten Gubernur Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono dalam pernyataan tertulisnya, Rabu (7/2/2024). 

Baca Juga

Dia menuturkan, posisi cadangan devisa tersebut setara dengan pembiayaan 6,6 bulan impor atau 6,4 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah. Selain itu berada di atas standar kecukupan internasional sekitar tiga bulan impor. 

“Bank Indonesia menilai cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan,” ujar Erwin. 

Ke depan, Erwin memastikan, Bank Indonesia memandang cadangan devisa akan tetap memadai, didukung oleh stabilitas dan prospek ekonomi yang terjaga. Hal tersebut seitinh dengan sinergi respons bauran kebijakan yang ditempuh Bank Indonesia dan pemerintah dalam menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement