Rabu 07 Feb 2024 01:56 WIB

Pertamina Tingkatkan Edukasi Laut di 22 Sekolah  

Pertamina ingin meningkatkan literasi dan kecintaan laut kepada anak-anak sekolah.

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Gita Amanda
Pertamina menggelar  kegiatan “LiteraSea” yang bertujuan untuk meningkatkan literasi dan kecintaan pada laut kepada anak-anak usia sekolah.  (ilustrasi)
Foto: www.freepik.com
Pertamina menggelar kegiatan “LiteraSea” yang bertujuan untuk meningkatkan literasi dan kecintaan pada laut kepada anak-anak usia sekolah. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Pertamina International Shipping (PIS) membuka awal tahun ini dengan kembali menggelar program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) dengan kegiatan “LiteraSea” yang bertujuan untuk meningkatkan literasi dan kecintaan pada laut kepada anak-anak usia sekolah. 

Kegiatan LiteraSea ini merupakan bagian dari program payung TJSL PIS yang bertajuk “BerSEAnergi Untuk Laut” yang terintegrasi dan bertujuan untuk mendukung kelestarian laut serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir.

“Selama tahun 2023, PIS sukses menggelar kegiatan LiteraSea di 22 sekolah dengan total pemerima manfaat sebanyak 2041 siswa dan jumlah literasi laut sebanyak 2.000 buku tematik kelautan,” ujar Pjs Corporate Secretary PIS Vega Pita, Selasa (6/2/2024).

Kegiatan “LiteraSea” merupakan bentuk dukungan literasi kelautan yang terdiri dari bantuan alat-alat pendukung kegiatan belajar mengajar, pemberian buku tematik kelautan, renovasi kelas dan perpustakaan termasuk perlengkapannya.

Vega menjelaskan program ini untuk meningkatkan indeks literasi, khususnya terkait kelautan, mengingat Indonesia merupakan negara maritim dengan 70 persen wilayah terdiri dari lautan. "Sebagai perusahaan dengan wilayah operasi sebagian besar mencakup laut, PIS berkomitmen untuk mendukung kelestarian ekosistem laut, salah satunya dengan cara memberikan edukasi kelautan. Edukasi ini mencakup pengetahuan pengaruh laut terhadap manusia dan sebaliknya. Dengan menjaga keberlanjutan laut, kita mendukung kesejahteraan masyarakat Indonesia," ujar Vega. 

PIS, kata Vega, melanjutkan program LiteraSea di tahun 2024 di mana kali ini diawali di Panti Asuhan Hasyim Asyari di Kecamatan Sedati, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur pada tanggal 2 Februari 2024. Panti asuhan ini merupakan panti asuhan pertama yang menjadi lokasi program TJSL tersebut di tahun ini.

Kegiatan ini diselenggarakan 2-4 Februari 2024. Dalam kegiatan ini, PIS membangun Pojok Baca Literasi Laut serta santunan untuk pendidikan anak-anak di Yayasan Hasyim Asyari. Para pekerja juga terlibat aktif dalam kegiatan employee volunteering dalam mengedukasi anak-anak tentang ekosistem laut dan mural painting.

Kepala Panti Asuhan Hasyim Asyari, Bapak Syaikhul Huda menyambut positif atas dukungan PIS terhadap program ini serta mengajak para santri di sini untuk memahami akan pentingnya pengetahuan tentang laut.

"Saya sangat mengapresiasi PIS memilih panti asuhan kami sebagai tempat pelaksanaan Program BerSEAnergi untuk Laut ini. Saya pun mengajak para santri disini untuk memahami akan pentingnya pengetahuan tentang laut dan berharap anak-anak usia sekolah dapat mulai peduli terhadap lingkungan laut mengingat lokasi panti dekat dengan pesisir laut", ujar Syaikhul. 

Program “BerSEAnergi Untuk Laut” yang digagas oleh PIS  mencakup kegiatan LiteraSea, pemberdayaan dan peningkatan kesehatan masyarakat pesisir, coastal clean up, hingga konservasi biota dan ekosistem laut seperti mangrove, terumbu karang dan hiu paus. Inisiatif ini sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG's) utamanya poin 4 terkait pendidikan dan poin 14 menjaga ekosistem laut.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement