Kamis 01 Feb 2024 22:50 WIB

Instagram Uji Fitur 'Flipside' Baru, Ini Faktanya

Demografi Instagram yang lebih muda telah menggunakan finstas sejak lama.

Rep: Santi Sopia/ Red: Friska Yolandha
Logo Baru Instagram. Instagram tengah mengembangkan fitur Flipside
Foto: Phone Arena
Logo Baru Instagram. Instagram tengah mengembangkan fitur Flipside

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Instagram Adam Mosseri telah mengkonfirmasi bahwa platform media sosial tersebut sedang menguji fitur yang disebut Flipside. Fitur eksperimental ini akan mengubah akun pengguna yang lebih privat, pribadi atau “finstas” atau fake instas sebagai fitur produk baru.

Perusahaan ini pertama kali terlihat mengembangkan fitur Flipside pada tahun 2023. Namun, saat itu Instagram mengatakan uji coba tersebut hanya prototipe internal.

Baca Juga

Menurut laporan TechCrunch, Mosseri mengatakan bahwa perusahaan sekarang akan mulai menguji fitur tersebut dengan pengguna untuk melihat bagaimana tanggapan mereka.

Meta juga telah mengonfirmasi bahwa fitur tersebut sedang dalam pengujian. Demografi Instagram yang lebih muda telah menggunakan finstas sejak lama, namun mulai menjadi perbincangan publik yang lebih luas pada tahun 2021.

Selama sidang kongres, Senator AS Richard Blumenthal bertanya kepada seorang eksekutif Meta tentang komitmen perusahaan tersebut untuk mengakhiri finsta.

Fitur ini menimbulkan kebingungan karena orang-orang yang berwenang mengatur teknologi tidak sepenuhnya memahami cara kerjanya.

Kepala keamanan Meta Antigone Davis mencoba menjelaskan bahwa finstas bukanlah fitur Instagram. Sebaliknya, itu adalah akun pribadi yang ditujukan untuk Teman Dekat saja. Akun-akun ini juga digunakan sebagai cara untuk menghindari pengawasan orang tua di platform media sosial.

Blumenthal menanyakan hal yang lebih spesifik dan ingin mengetahui soal semakin mudahnya bagi anak-anak untuk membuat akun terpisah di luar jangkauan kontrol orang tua di Instagram.

Dengan mengubah “finsta” menjadi fitur yang terkait dengan akun utama pengguna, Instagram memungkinkan mereka menggeser profil ke bawah untuk “dibalik” ke “sisi” lain yang lebih pribadi.

Instagram diharapkan memiliki pemahaman....

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement