Kamis 01 Feb 2024 12:24 WIB

Cek Bahan Pokok di Wonogiri, Jokowi Pastikan Harga Terkendali Kecuali Beras

Menurut Presiden Jokowi, harga beras di Pasar Kota Wonogiri mengalami kenaikan.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Erik Purnama Putra
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengecek sejumlah harga kebutuhan pokok di Pasar Danga, Kabupaten Nagekeo, Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (5/12/2023).
Foto: Muchlis Jr/Biro Pers Sekretariat
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengecek sejumlah harga kebutuhan pokok di Pasar Danga, Kabupaten Nagekeo, Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (5/12/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau ketersediaan dan harga sejumlah bahan pokok di Pasar Kota Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, Kamis (1/1/2024). Menurut Jokowi, harga sejumlah bahan pokok di pasar tersebut masih dalam kondisi yang baik.

Kendati demikian, sambung dia, harga beras ditemukan mengalami kenaikan. "Ya harga-harga baik. Saya lihat tadi bawang merah harga bagus 25 (ribu), kemudian cabainya 35 (ribu) dulu kan sampai 100 (ribu) sekarang sudah 35 (ribu), kemudian yang agak naik memang beras," kata Jokowi dalam keterangannya usai peninjauan.

Terkait harga beras yang masih tinggi, Jokowi mengaku, telah menginstruksikan Bulog untuk menggelontorkan beras Stabilisasi Pasokan Harga Pangan (SPHP) di Pasar Kota Wonogiri. Sedangkan terkait stok, ia memastikan ketersediaan beras masih dalam kondisi aman.m"Stok beras tidak ada masalah, hanya perlu intervensi untuk harga," ucap eks wali kota Solo itu.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga memberikan bantuan modal kerja kepada sejumlah pedagang. Lasiyem, salah seorang pedagang ayam, bersyukur dan berterima kasih atas bantuan yang diberikan. "Dikasih uang bantuan ini untuk modal. Senang alhamdulillah matur nuwun terima kasih," ucap Lasiyem.

Hal serupa dirasakan oleh Sri Lanjari, pedagang kerupuk yang telah berjualan selama 17 tahun. Dia mengaku, akan memanfaatkan bantuan yang diterimanya untuk tambahan modal usaha.

"Terima kasih Bapak Jokowi. Senang banget. Buat tambahan modal. Terharu, pokoknya terima kasih, sehat selalu Bapak Jokowi. Semoga lebih baik lagi, terus Presiden yang akan datang bisa meneruskan cita-citanya Indonesia makin maju," ucap Sri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement