Rabu 31 Jan 2024 14:08 WIB

AP II Segera Siapkan Vending Machine Produk UMKM di Seluruh Bandara 

Saat ini vending machine ada di Terminal 1, Terminal 2 dan Terminal 3 Soekarno Hatta.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Gita Amanda
Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga meresmikan Vending Machine di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Banten, Selasa (30/1/2024).
Foto: Muhammad Nursyamsi/Republika
Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga meresmikan Vending Machine di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Banten, Selasa (30/1/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Angkasa Pura (AP) II memastikan untuk mendukung penuh pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). AP II resmi menghadirkan mesin jual otomatis atau vending machine yang memasarkan beragam produk UMKM di Bandara Soekarno-Hatta dan selanjutnya segera tersedia di seluruh bandara yang dikelola. 

“AP II saat ini mengelola 20 bandara dan pada tahun ini kami akan hadirkan vending machine khusus produk UMKM di seluruh bandara untuk memberikan kemudahan bagi penumpang pesawat sekaligus memperluas pasar bagi produk UMKM,” kata VP of Corporate Communication AP II Cin Asmoro daam pernyataan tertulisnya, Selasa (30/1/2024). 

Baca Juga

Dia menjelaskan saat ini vending machine tersedia di Terminal 1, Terminal 2 dan Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. Vending machine produk UMKM di Bandara Soekarno-Hatta merupakan kolaborasi bersama BNI, Telkom, PLN, dan AP II yang menyediakan tempat. 

“Kami berharap melalui vending machine ini maka produk-produk UMKM dapat semakin menjangkau masyarakat khususnya penumpang pesawat kapan saja selama 24 jam setiap harinya. Ini juga sebagai bentuk pemasaran produk UMKM melalui digitalisasi,” jelas Cin Asmoro.  

Cin Asmoro mengatakan vending machine menghadirkan kepraktisan bagi penumpang pesawat untuk bisa memperoleh produk UMKM. Penumpang pesawat kini memiliki lebih banyak pilihan di Bandara Soekarno-Hatta untuk bisa mendapatkan oleh-oleh produk makanan ringan UMKM, salah satunya melalui vending machine yang menghadirkan kepraktisan.  

“Di satu vending machine, penumpang pesawat bisa memilih berbagai produk UMKM dengan mudah dan kapan saja, dan bertransaksi bisa dengan QRIS,” ujar Cin Asmoro.

Terlebih Bandara Soekarno-Hatta yang merupakan bandara tersibuk di Indonesia menjadi lokasi yang tepat dalam memasarkan produk-produk UMKM. Pada 2023, jumlah pergerakan penumpang pesawat di Bandara Soekarno-Hatta mencapai sekitar 50,9 juta penumpang. 

“Sejalan dengan itu, AP II bersama stakeholder terus berinovasi dalam memasarkan produk-produk UMKM di Bandara Soekarno-Hatta di mana salah satunya melalui vending machine,” ungkap Cin Asmoro. 

Staf Khusus III Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan melalui vending machine maka UMKM mendapatkan kemudahan dalam memasarkan produknya. Khsususya dalam penjualan di Bandara Soekarno-Hatta. “Tidak perlu sewa tempat, perawatannya juga mudah,” ujar Arya Sinulingga dalam acara Peluncuran Vending Machine UMKM di Bandara Soekarno-Hatta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement