Selasa 30 Jan 2024 15:20 WIB

Kemenparekraf Siapkan Peta Perjalanan Wisata Jelang Libur Imlek

Pecinan merupakan salah satu kawasan populer yang ada di setiap kota di Indonesia.

Sejumlah warga mencari berbegai kebutuhan untuk perayaan Imlek di Kawasan Glodok Pancoran, Jakarta, (ilustrasi)
Foto: Republika/Prayogi
Sejumlah warga mencari berbegai kebutuhan untuk perayaan Imlek di Kawasan Glodok Pancoran, Jakarta, (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif telah menyiapkan peta perjalanan atau travel pattern menjelang libur Tahun Baru Imlek bagi wisatawan nusantara (wisnus) dan wisatawan mancanegara (wisman). Sandiaga menjelaskan, libur panjang menyambut Tahun Baru Imlek mempunyai potensi besar dalam mendatangkan wisman dan pergerakan wisnus. 

“Pemerintah pada 2024 menargetkan kunjungan 14,3 juta wisman dan 1,2 miliar sampai 1,5 miliar pergerakan wisnus, kami telah membuat peta perjalanan yang meliputi destinasi wisata Jakarta, Surakarta (Solo), Semarang, Palembang, dan Singkawang,” ujar Sandiaga dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (30/1/2024).

Baca Juga

Sandiaga mengatakan, kawasan Pecinan merupakan salah satu kawasan wisata populer yang ada di setiap kota di Indonesia, memiliki keunikan khas dan menarik perhatian banyak wisatawan. Di Pecinan, ragam budaya Cina terasa sangat kental, mulai dari pintu gerbang, bangunan, heritage, tempat ibadah, aksesori, hingga kuliner. 

“Kawasan wisata Pecinan sarat dengan budaya masyarakat Cina di Indonesia berupa peninggalan bangunan, kegiatan sehari-hari masyarakat, atraksi wisata seperti pusat kuliner dan pertokoan,” sambung dia.

Sandiaga merekomendasikan kawasan wisata Pecinan, menyambut Tahun Baru Imlek dan perayaan Cap Go Meh antara lain; Glodok-Petak Sembilan Jakarta menjadi andalan seperti pecinan Glodok. Kemudian ada destinasi wisata Pecinan di kawasan Kauman, Semarang Tengah, dengan tradisi perayaan Cap Go Meh arak-arakan patung Samp Poo Kong dari kuil Tay Kak Sie ke Gedung Batu. 

Destinasi wisata Pecinan lainnya ada di kawasan Pasar Gede Solo yang akan menggelar atraksi Grebeg Sudiro yang berlangsung 28 Januari-10 Februari 2024. Di Sumatera terdapat destinasi wisata Pulau Kemaro Palembang l sebagai salah satu obyek wisata andalan Kota Palembang dengan tradisi kesenian barongsai, wayang orang Tiongkok dan kesenian tradisional lain.

"Terakhir, ada destinasi wisata yang masuk dalam Karisma Event Nusantara yaitu Cap Go Meh Singkawang, Kalimantan Barat, yang dikenal dengan kota seribu vihara/klenteng yang akan dilaksanakan pada 10-24 Februari 2024," kata Sandiaga.

 

Muhammad Nursyamsi

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement