Senin 29 Jan 2024 21:41 WIB

Kemendag Evaluasi Harga Minyak Goreng Curah

Pemerintah akan mengevaluasi harga jual minyak goreng curah.

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Ahmad Fikri Noor
Warga membeli kebutuhan bahan pokok minyak goreng di Pasar Prawirotaman, Yogyakarta, Selasa (12/12/2023).
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Warga membeli kebutuhan bahan pokok minyak goreng di Pasar Prawirotaman, Yogyakarta, Selasa (12/12/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Isy Karim mengatakan pemerintah akan mengevaluasi harga jual minyak goreng curah. Saat ini, harga sesuai DMO yakni sebesar Rp 14.000 per liter.

"Memang seperti menteri (Mendag Zulkifli Hasan) sampaikan bahwa itu akan dievaluasi. Tapi bukan berarti evaluasi harus naik," kata Isy di Kantor Kemenko Perekonomian, Senin (29/1/2024).

Baca Juga

Meski menilai evaluasi harga belum tentu menaikan harga minyak goreng, namun Isy tak menampik saat ini harga CPO masih relatif tinggi. "Ya, tapi tidak mungkin turun karena memang harga CPO-nya naik. Makanya ini sedang kita evaluasi," kata Isy.

Isy juga mengakui bahwa realisasi DMO minyak goreng saat ini tidak memenuhi target. Kata dia, hal ini dikarenakan permintaan dari masyarakat yang tak tinggi.

"Target DMO juga belum bisa mencapai, biasanya kan rata-rata sekitar 86 sampai 90 persen. Sekarang target DMO juga tidak tercapai karena permintaan sedang tidak tinggi," kata Isy.

Namun, Isy menjamin ketersediaan minyak goreng curah terutama menjelang bulan Ramadhan. "Kita menjaga sampai dengan Lebaran ini minyak goreng di pasaran ada. Minyak kita banyak kok di pasar kita lihat," tambah Isy.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement