Senin 22 Jan 2024 21:28 WIB

TKN: Debat Pilpres Buktikan Keberpihakan Gibran Terhadap Generasi Muda

TKN sebut debat Pilpres 2024 membuktikan keberpihakan Gibran kepada generasi muda.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Bilal Ramadhan
Wakil Komandan Tim Fanta Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Anggawira.
Foto: dokumentasi pribadi
Wakil Komandan Tim Fanta Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Anggawira.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, dinilai sebagai satu-satunya sosok yang menunjukkan keberpihakannya terhadap generasi muda dalam debat cawapres pada Ahad (21/1/2024). Sebab, hanya Gibran yang menyoroti potensi terbukanya 19 juta lapangan pekerjaan baru dari sektor ekonomi hijau. 

Wakil Komandan Tim Fanta Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Anggawira menyebut Gibran sebagai satu-satunya kandidat yang menguasai data terkait tema debat capres-cawapres ronde keempat.

Baca Juga

"Mas Gibran itu yang paling komprehensif dalam menyampaikan narasi secara kualitatif dan kuantitatif. Misalnya terkait energi, hilirisasi, industrialisasi yang ujungnya adalah membuka 19 juta lapangan pekerjaan baru. Dan yang diuntungkan tentu generasi muda. Itu kunci utamanya," kata Anggawira dalam keterangan pers pada Senin (22/1/2024). 

Tema debat Pilpres tadi malam ialah Pembangunan Berkelanjutan, Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup, Energi, Pangan, Agraria, Masyarakat Adat dan Desa. Anggawira menyebut penampilan Gibran membantah tudingan soal ketidakmampuan memimpin. 

"Katanya dia tidak cakap, tidak mampu memimpin. Sebaliknya, Mas Gibran justru membuktikan bahwa dia adalah buah dari konsensus politik yang secara kualitas tidak kalah dari pesaingnya," ujar Anggawira. 

Ketua Umum Relawan Pengusaha Nasional (Repnas) itu juga mengomentari serangan dari cawapres nomor urut 1 dan 3 kepada Gibran, seolah-olah Wali Kota Solo tersebut adalah bagian dari kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dalam debat, Mahfud bertanya kepada Gibran seputar kebijakan impor serta pertambangan ilegal dan Muhaimin Iskandar menyinggung soal proyek food estate.  

"Pak Mahfud bagian dari pemerintah saat ini. Pasangan Anies-Muhaimin diusung oleh NasDem yang kadernya menjabat sebagai Menteri Lingkungan Hidup," ucap Anggawira. 

Anggawira menegaskan, Gibran bukan bagian dari pemerintahan RI saat ini sebagaimana ditanyakan Mahfud dan Cak Imin. Tapi, Gibran selalu diserang karena posisi politiknya ingin melanjutkan program Presiden Jokowi. 

"Jadi, pertanyaan yang dilempar Pak Mahfud dan Cak Imin itu tidak relevan diarahkan kepada Gibran," ujar Anggawira. 

Terlepas dari hal itu, Anggawira menilai debat telah menunjukkan perbedaan visi-misi setiap kandidat. Anggawira optimistis pasangan Prabowo-Gibran akan berhasil memenangkan Pilpres 2024 satu putaran. 

"Dengan penampilan Mas Gibran, kami semakin yakin bisa memenangkan pilpres satu putaran," ucap Anggawira. 

Sebelumnya, Gibran membuka sesi debat Pilpres di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan dengan mengangkat isu green jobs, yang manfaatnya bisa dirasakan oleh para petani dan anak muda. 

"Jika agenda hilirisasi, pemerataan pembangunan, transisi menuju energi hijau, ekonomi kreatif, UMKM bisa dikawal, insya Allah, akan terbuka 19 juta lapangan pekerjaan untuk generasi muda dan kaum perempuan. Lima juta di antaranya adalah green jobs," kata Gibran.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement