Ahad 21 Jan 2024 20:17 WIB

Gibran Rangkul Prabowo Ajak Salaman dengan Anies

Gibran merangkul Prabowo untuk mengajak salaman dengan Anies di acara debat.

Rep: Febryan A/ Red: Bilal Ramadhan
Calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka berbicara saat Debat Keempat Pilpres 2024. Gibran merangkul Prabowo untuk mengajak salaman dengan Anies di acara debat.
Foto: Republika/Prayogi
Calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka berbicara saat Debat Keempat Pilpres 2024. Gibran merangkul Prabowo untuk mengajak salaman dengan Anies di acara debat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Capres nomor urut 2, Prabowo Subianto, akhirnya kembali bersalaman dengan capres nomor urut 1, Anies Baswedan di panggung debat Pilpres 2024. Keduanya bersalaman di arena debat keempat di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, Ahad (21/1/2024) malam.

Uniknya, cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, sempat merangkul punggung Prabowo untuk mengajaknya bersalaman dengan pasangan capres-cawapres nomor urut 1, Anies dan Muhaimin Iskandar.

Baca Juga

Momen itu terjadi ketika para pasangan capres-cawapres baru memasuki arena panggung debat sebelum ajang adu gagasan antarcawapres itu dimulai. Prabowo dan Gibran masuk lebih dahulu, lalu tampak menyapa pendukung mereka dengan melambaikan tangan dan memberikan salam hormat.

Prabowo lantas tampak hendak duduk di kursi yang sudah disediakan. Ketika itulah Anies dan Muhaimin tiba di panggung debat. Gibran mengetahui kehadiran kompetitornya itu, sedangkan Prabowo tidak. Putra sulung Presiden Jokowi itu lantas merangkul punggung Prabowo agar berjalan ke arah Anies-Muhaimin untuk bersalaman.

Gibran tampak lebih dulu menyalami Anies dengan posisi badan sedikit membungkuk. Prabowo lalu menyusul untuk berjabat tangan dengan Anies. Prabowo dan Gibran juga bersalaman dengan Muhaimin. Kedua pasangan itu lalu menuju ke kursi masing-masing.

Prabowo dan Anies diketahui tak bersalaman usai acara debat ketiga Pilpres 2024 di Istora Senayan, Ahad (7/1/2024) lalu. Hal itu terjadi setelah Anies bertubi-tubi 'menyerang' Prabowo sepanjang gelaran debat, mulai dari memberikan nilai rendah atas kinerja Prabowo sebagai Menteri Pertahanan hingga mengungkap luas lahan yang dikuasai Ketua Umum Partai Gerindra itu.

Ketika konferensi pers usai debat, Anies mengaku sudah berupaya mencari Prabowo untuk bersalaman. Namun, kata dia, ketika itu Prabowo sudah tidak ada di panggung debat.

Adapun Prabowo dalam konferensi persnya menyebut, salaman tidak terjadi karena Anies tak menghampirinya usai debat. Menurut Prabowo, Anies yang harus menghampirinya karena dirinya lebih senior.

"Saya lebih tua dari dia, saya lebih senior dari dia," kata pria berusia 72 tahun itu.

Kendati begitu, Prabowo dan Anies sudah kembali bersalaman saat menghadiri acara Paku Integritas di Gedung Juang KPK Jakarta Selatan, Rabu (17/1/2024) malam. Di akhir acara, tampak Prabowo lebih dulu mengulurkan tangan untuk bersalaman dengan Anies. 

Dalam tayangan langsung acara tersebut di YouTube KPK, tampak Anies dan Prabowo tak hanya bersalaman, tapi juga sempat berbicara sebentar saat turun dari panggung.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement