Ahad 21 Jan 2024 19:41 WIB

Debat Cawapres, Lawan Terberat Cak Imin Adalah Dirinya Sendiri

Timnas Amin sebut lawan terberat Cak Imin di acara debat cawapres dirinya sendiri.

Rep: Bayu Adji/ Red: Bilal Ramadhan
Cawapres Muhaimin Iskandar. Timnas Amin sebut lawan terberat Cak Imin di acara debat cawapres dirinya sendiri.
Foto: Republika/Bayu Adji P
Cawapres Muhaimin Iskandar. Timnas Amin sebut lawan terberat Cak Imin di acara debat cawapres dirinya sendiri.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Calon wakil presiden (cawapres) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin diklaim sudah siap menghadapi debat keempat pemilihan presiden (pilpres) 2024 pada Ahad (21/1/2024) malam. Pasalnya, debat itu merupakan kesempatan terakhir bagi para cawapres sebelum hari pemilihan. 

Asisten Coach Tim Pemenangan Nasional (Timnas) Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Amin) Jazilul Fawaid mengatakan, debat keempat ini merupakan yang pamungkas untuk cawapres. Ia meyakini, tak hanya Cak Imin yang akan tampil maksimal, melainkan lawannya juga.

Baca Juga

"Jadi ini untuk membandingkan cawapres yang akan tampil," kata Jazilul di kediaman Cak Imin, Komplek Widya Chandra, Jakarta Selatan, Ahad.

Meski demikian, Jazilul menilai, lawan terberat Cak Imin dalam debat malam ini bukanlah cawapres lain. Lawan terberat Ketua Umum PKB itu adalah dirinya sendiri.

"Saya pikir tidak ada yang berat. Yang paling berat adalah dirinya sendiri," kata dia.

Ia menjelaskan, Cak Imin harus bisa mengendalikan diri dan fokus berada di atas panggung. Mengendalikan diri dan fokus itu tidak untuk menyerang pihak lain, tapi untuk menyampaikan kebenaran.

"Bahwa isinya ada serangan itu biasa saja. Karena kebenaran, yang salah merasa diserang," kata Jazilul.

Namun, ia berharap dalam debat tidak ada pihak yang menyerang pribadi. Serangan yang dilakukan juga harus sesuai adab yang berlaku.

Sementara itu, Cak Imin mengaku tak menganggap lawan debatnya sebagai sesuatu yang berat. Menurut dia, semua lawan debatnya itu enteng. "Semua enteng," kata Cak Imin.

Debat keempat pilpres 2024 dilaksanakan di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, pada Ahad malam. Dalam debat itu, para cawapres akan membahas tema pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, serta masyarakat adat dan desa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement