Jumat 19 Jan 2024 13:15 WIB

Kolaborasi demi Visi 100 Smart City Indonesia

Kominfo berinisiatif terus mempercepat Smart Manufacturing dan Smart Cities.

Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi menyatakan secara rutin Kementerian Kominfo terus melakukan diseminasi informasi mengenai penyelenggaraan kegiatan maupun kebijakan.
Foto: Kominfo
Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi menyatakan secara rutin Kementerian Kominfo terus melakukan diseminasi informasi mengenai penyelenggaraan kegiatan maupun kebijakan.

REPUBLIKA.CO.ID,TANGERANG -- Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Budi Arie Setiadi, meresmikan salah satu pusat pengalaman digital di BSD City, Kabupaten Tangerang, yang merupakan hasil kolaborasi dari dua perusahaan swasta teknologi untuk pengembangan percepatan inovasi kota cerdas.

“Pemerintah melalui Kominfo berinisiatif untuk terus mempercepat Smart Manufacturing dan Smart Cities, melalui pengembangan 5G maupun 6G sebagai enabler utama untuk mempercepat adopsi Internet of Things (IoT) di Indonesia sebagai langkah menuju visi 100 Smart City Indonesia di 2045. Dengan adanya acara peresmian Digital Experience Center hari ini, saya yakin akan semakin banyak inovasi baru yang dapat digunakan untuk mendorong pengembangan smart city," kata Budi dalam keterangan resmi di Jakarta, Jumat (19/1/2024).

Baca Juga

Pusat Pengalaman Digital atau Digital Experience Center (DXC) terletak di Kawasan Digital Hub BSD City yang memiliki luas 525 meter persegi. Kawasan tersebut sengaja dihadirkan sebagai upaya mendorong lahirnya lebih banyak inovasi digital, mengakselerasi pengembangan bisnis, serta mempercepat pertumbuhan ekonomi digital Indonesia sejalan dengan Visi Indonesia Digital (VID) 2045.

DXC terdiri atas sejumlah area pameran, auditorium, dan rapat, yang dapat digunakan untuk kegiatan inkubasi inovasi digital, pengembangan bisnis digital, ataupun peningkatan kompetensi digital. Ada juga pendampingan solusi teknologi yang mencakup identifikasi bersama kebutuhan teknologi, menurut tipe dan skala industri terkait, dengan rangkaian solusi teknologi yang luas mulai dari aplikasi bisnis, keamanan, infrastruktur, konektivitas, hingga kecerdasan buatan (AI).

DXC tersebut bisa terwujud berkat kolaborasi antara perusahaan teknologi NTT Indonesia, Microsoft, dan pengembang properti Sinar Mas Land. "Kami berharap keberadaan ruang kolaborasi ini dapat menyatukan semangat inovasi yang lebih luas untuk penciptaan solusi teknologi yang mendukung industri agar tetap relevan dan kompetitif. Kita dampingi segenap ekosistem digital Indonesia untuk merealisasikan lebih banyak ide kreatif menjadi solusi atau aplikasi praktis," kata Presiden Direktur PT NTT Indonesia Technology, Hendra Lesmana.

Sejalan dengan pernyataan itu, Presiden Direktur Microsoft Indonesia Dharma Simorangkir juga menyatakan kehadiran pusat pengalaman digital itu diharapkan dapat memacu para pelaku industri untuk makin semangat menghadirkan inovasi digital bagi Indonesia. “Posisi Indonesia sebagai negara dengan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara membawa kita pada tanggung jawab yang lebih besar untuk berinovasi lebih cepat. Sebab, inovasi kita tidak hanya akan mendorong lompatan untuk ekonomi digital Indonesia, tetapi, juga Asia Tenggara. Melalui peresmian Digital Experience Center yang akan memupuk dan melahirkan inovasi digital baru bagi inovator lintas sektor dan industri, kami berharap dapat berkontribusi lebih besar bagi Indonesia," kata Dharma.

 

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement