Rabu 17 Jan 2024 17:31 WIB

KCIC Targetkan Layani 31 Ribu Penumpang per Hari pada 2024

Penumpang Kereta Cepat Whoosh telah mencapai 1,3 juta penumpang.

Wakil Presiden (Wapres) KH Maruf Amin untuk pertama kalinya menjajal Kereta Cepat Whoosh saat hendak melakukan kunjungan kerja ke Bandung, Jawa Barat, Kamis (16/11/2023).
Foto: Republika/ Fauziah Mursid
Wakil Presiden (Wapres) KH Maruf Amin untuk pertama kalinya menjajal Kereta Cepat Whoosh saat hendak melakukan kunjungan kerja ke Bandung, Jawa Barat, Kamis (16/11/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menargetkan sebanyak 31.000 penumpang per hari dapat dilayani oleh Kereta Cepat Whoosh pada 2024.

Manager Corporate Communication KCIC Emir Monti mengatakan berdasarkan proyeksi kajian dengan Pusat Pengujian, Pengukuran, Pelatihan, Observasi dan Layanan Rekayasa Universitas Indonesia (Polar UI) Kereta Cepat Whoosh mampu melayani 31 ribu penumpang dengan 68 perjalanan per hari.

Baca Juga

“Bahwa potensi penumpang kereta cepat yang dapat dialihkan dari jalan raya itu sekitar 11 persen yaitu sebanyak 31 ribu penumpang per hari dan dapat diakomodir melalui jumlah perjalanan sebanyak 68 perjalanan,” kata Emir di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (17/1/2024).

Emir mengatakan saat ini KCIC terus berupaya untuk menambah jumlah perjalanan kereta cepat dengan meningkatkan sejumlah pelayanan, fasilitas di stasiun maupun menghadirkan promosi yang menarik bagi penumpang.

“Saat ini memang perjalanan kita kan masih terbatas di 40 perjalanan per hari dengan volume masih di sekitar 15-17 ribu per hari. Sehingga secara bertahap kita akan terus naikkan baik jumlah perjalanannya, okupansinya, dengan berbagai peningkatan pelayanan,” kata Emir.

Lebih lanjut, pihaknya mencatat sejak dioperasikan pada 17 Oktober 2023, jumlah penumpang Kereta Cepat Whoosh telah mencapai 1,3 juta penumpang.

Emir mengatakan dengan pencapaian selama tiga bulan ini menunjukkan tingginya permintaan masyarakat akan transportasi umum yang modern serta dirinya optimis bahwa perkembangan jumlah penumpang akan terus bertambah.

“Jadi masyarakat merasa cukup nyaman untuk menggunakan kereta cepat ini untuk berwisata di Bandung satu hari, atau melakukan pekerjaan bisnis di Jakarta satu hari dan kembali di hari yang sama,” katanya.

Selain itu, lanjut dia, KCIC juga telah menyediakan fasilitas park and ride yang aman dan nyaman bagi penumpang di stasiun Kereta Cepat Whoosh untuk memudahkan penumpang yang bepergian diantara Jakarta dan Bandung hanya dalam satu hari.

“Jadi memang karena sangat efisien perjalanannya, sehingga lebih mudah untuk mereka melakukan perjalan pulang pergi dan kita juga sudah sediakan integrasi antarmoda, kemudian ada park and ride di stasiun yang cukup luas,” kata dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement