Rabu 17 Jan 2024 13:45 WIB

Holding RS BUMN Resmikan 8 Layanan Baru di IHC RS Tarakan

Keunggulan layanan baru RS Pertamina Tarakan, di antaranya Poliklinik Super Executive

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
PPendampingan Very Very Important Person (VVIP). Salah satunya dimiliki PT Pertamina Bina Medika-Indonesia Healthcare Corporation (Pertamedika IHC)
Foto: Pertamina
PPendampingan Very Very Important Person (VVIP). Salah satunya dimiliki PT Pertamina Bina Medika-Indonesia Healthcare Corporation (Pertamedika IHC)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Pertamina Bina Medika IHC atau Holding RS BUMN meresmikan delapan layanan baru diantaranya Poliklinik Super Executive (VVIP), Poliklinik Executive Sore (VIP), Klinik Luka & Stoma (Wound & Stoma Care), Klinik Saraf & Nyeri (pain clinic), Neurology, Rehab Medik, Orthopedi Anestesi, Medical Check Up (MCU) One Stop Service, Klinik Tumbuh Kembang Anak, Minimal Invasive Surgery (Laparoscopy & C-Arm), Pertamedika Fitness di IHC RS Pertamina Tarakan.

Direktur Utama IHC Mira Dyah Wahyuni mengatakan RS Pertamina Tarakan yang berusia 18 tahun telah berkontribusi dan mengabdi untuk kesehatan di Tarakan dan Kalimantan Utara (Kaltara) pada umumnya. 

"Sejalan dengan pengembangan dari pemerintah terhadap Kaltara, RS Pertamina Tarakan harus siap menyambut pengembangannya di Kalimantan, serta bisa ikut berkontribusi dengan rencana pengembangan pemerintah terhadap Kaltara," ujar Mira dalam keterangan di Jakarta, Rabu (17/1/2024).

Direktur Rumah Sakit Pertamina Tarakan Nanang Sugiarto memerinci keunggulan layanan baru RS Pertamina Tarakan, di antaranya Poliklinik Super Executive (VVIP) adalah konsepnya duduk manis. Melihat kebutuhan masyarakat yang memiliki keterbatasan waktu untuk berobat kerumah sakit, maka pihaknya memberikan fasilitas Poliklinik Super Executive (VVIP).

“Jadi pasien duduk manis, semua dilayani disitu oleh dokter spesialis, ada ruang tindakannya, obatnya diantar dan dijelaskan apoteker, bahkan untuk pembayarannya kasir yang datang,” ujar Nanang.

Nanang menyampaikan Poliklinik Executive Sore (VIP) adalah layanan untuk masyarakat yang tidak menggunakan BPJS. Poliklinik ini kurang lebih sama dengan Poliklinik Super Executive (VVIP), hanya saja mereka tetap ambil obat diapotek, membayar dikasir.

“Klinik Luka dan Stoma (Wound dan Stoma Care) adalah layanan untuk seluruh lapisan masyarakat dalam penanganan luka yang terbaru dan termoderen. Hasilnya lebih cepat sembuh, bahkan untuk mencegah amputasi,” ucap Nanang.

Selanjutnya adalah , adalah layanan MCU dimana pemeriksaan dilakukan di satu area, sehingga pasien tidak perlu kemana – mana. Cukup satu area untuk dilakukan pemeriksaan sampai selesai, dan hasilnya keluar paling lama H+2. Nanang melanjutkan, Klinik Tumbuh Kembang Anak adalah layanan untuk melayani kasus anak stunting, anak yang ketergantungan dengan gadget, kesehatan mental, anak yang over aktif, anak autis, itu semua bisa diterapi klinik ini.

Gubernur Kalimantan Utara Zainal A Paliwang mengapresiasi IHC RS Pertamina Tarakan yang telah melayani dengan baik masyarakat Kaltara. "Pelayanan RS Pertamina Tarakan kini jauh berkembang menyentuh kalangan masyarakat Kaltara," kata Zainal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement